Magelang (ANTARA) - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang mendorong masyarakat setempat menjadikan olahraga sebagai bagian kehidupan untuk menjaga fisik dan mental.

Kepala Disporapar Kota Magelang Sarwo Imam Santosa dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Sabtu, mengatakan pihaknya secara rutin pada Jumat menggelar senam bersama warga di kelurahan-kelurahan. Daerah setempat meliputi 17 kelurahan.

"Kami punya mobil keliling. Setiap Jumat datang ke kelurahan-kelurahan menggelar senam bersama," katanya.

Pemerintah Kota Magelang menyelenggarakan peringatan Hari Olahraga Nasional 2024 tingkat daerah setempat melalui senam bersama, antara lain diikuti warga, berbagai komunitas senam, organisasi kemasyarakatan, pelajar, ASN, TNI, dan Polri di alun-alun setempat, Jumat (13/9). Beberapa instruktur senam dari Komite Olahraga masyarakat Indonesia (Kormi) Kota Magelang memimpin peserta senam bersama. 

Hari Olahraga Nasional jatuh setiap 9 September, sedangkan tahun ini dengan tema "Ayo Olahraga, Bersatu Kita Juara".

"Senam bersama ini dalam rangka Haornas 2024, dengan tujuan membuat masyarakat yang sehat dan kuat," ujar dia. 

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengharapkan masyarakat selalu menyempatkan diri untuk berolahraga demi menjaga kesehatan. 

"Harapannya agar masyarakat selalu sempat olahraga, apalagi Kota Magelang ini jadi kota yang nyaman, aman dan tenteram," ujarnya.

Pada peringatan Haornas 2024 itu, Aziz menyerahkan penghargaan kepada 17 atlet pelajar setempat yang berprestasi pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Provinsi Jawa Tengah di Semarang, 20-27 Juli 2024.

Salah satu atlet pelajar yang meraih juara III karate pada ajang tersebut, Filladelfia Kurnia, mengaku senang dan bangga bisa mengharumkan nama Kota Magelang dan orang tua. 

Ia mengaku prestasi itu hasil dari disiplin latihan sejak kelas I SMP.

"Seneng dapat penghargaan ini. Saya bangga bisa mengharumkan nama Kota Magelang dan orang tua. Hadiahnya ini nanti buat orang tua dan buat diri sendiri," ujarnya.

Filladelfia yang saat ini siswa kelas XI SMK Wiyasa Kota Magelang itu berpesan kepada generasi muda, khususnya yang gemar berolah raga, untuk terus bersemangat dalam latihan agar menjadi juara. 
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024