Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memastikan semua persyaratan pencalonan dua pasangan bakal calon bupati yang akan maju di dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 sudah terpenuhi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Susanto Waluyo di Batang, Minggu, mengatakan bahwa sejumlah persyaratan pencalonan pasangan bakal calon bupati tersebut seperti pemeriksaan kesehatan, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), dan surat keterangan catatan kepolisian.

"Hari ini terakhir penyerahan dokumen para pasangan bakal calon bupati. Saat ini, masih melakukan penelitian dokumen dari dua pasangan bakal calon bupati," katanya.

Dua pasangan Bakal Calon Bupati Batang yang maju di dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 tersebut adalah Bakal Cabup Fauzi Fallas yang berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Bupati Ahmad Ridwan dan  Bakal Cabup Fais Kurniawan berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Bupati Suyono.   

Diketahui, pasangan Bakal Calon Bupati Fauzi Fallas-Ahmad Ridwan menyerahkan berkas dokumen pencalonan pada Minggu (8/9) sekitar pukul 10.00 WIB dan pasangan Bakal Calon Bupati Fais Kurniawan-Suyono pada pukul 13.00 WIB.

Menurut dia, semula ada kekurangan penyerahan berkas pencalonan dari pasangan bakal calon bupati yaitu berupa surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang ditandatangani oleh Kasat Intel Polres Batang.

Seharusnya, kata dia, surat keterangan catatan kepolisian Polres tersebut harus ditandatangani oleh Kapolres. 

"Akan tetapi, hal itu sudah diganti dengan ditandatangani oleh Kapolres Batang. Seterusnya, kami akan melanjutkan untuk diumumkan pada 14 September 2024," katanya.

Ia yang didampingi Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Ida Susanti mengatakan pihaknya akan membuka kesempatan pada masyarakat untuk memberikan tanggapan mulai 15-18 September 2024.

"Jika ada temuan atau informasi yang perlu ditindaklanjuti. Setelah semua persyaratan dipenuhi dan tanggapan masyarakat diserap, kami akan menetapkan pasangan calon pada 22 September 2024," katanya.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024