Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menurunkan 308 orang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII di Solo, Jawa Tengah pada Oktober 2024.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel Budiono di Banjarmasin, Rabu, mengatakan rencana kontingen Kalsel berangkat ke Solo mulai 1-5 Oktober 2024.

Budiono merinci kontingen Kalsel terdiri dari 206 atlet, 42 pelatih, 31 asisten pelatih, dan 29 ofisial dipimpin Sarmidi untuk mengikuti 18 cabang olahraga.

Meskipun ada pemindahan lokasi Peparnas 2024 dari Medan Sumatera Utara ke Solo, namun Budiono mengatakan kontingen Kalsel sudah siap meraih prestasi dengan target tiga besar.

“Kami sudah melakukan penyesuaian dan optimis bisa meraih hasil terbaik,” kata Budiono.

Baca juga: Kebo Bule Kiai Slamet, maskot Peparnas XVII 2024

Budiono menyebutkan Kalsel mengandalkan cabang olahraga renang dan atletik untuk meraup medali pada Peparnas 2024.

Budiono menambahkan Peparnas XVII bakal berlangsung pada 6-13 Oktober 2024, namun pada atlet akan menjalani tes klasifikasi pada 1-2 Oktober.

Diungkapkan Budiono, atlet dan pendamping berangkat pada 1-2 Oktober 2024 karena harus menjalani tes klasifikasi di Solo, sedangkan pelatih dan ofisial yang lain berangkat pada 3-5 Oktober.

“Pembukaan rencananya akan dilakukan pada 6 atau 7 Oktober 2024,” tutur Budiono.

Berdasarkan rapat kerja NPC, Budiono menuturkan Kalsel menargetkan perbaikan peringkat dari empat besar menjadi tiga besar pada Peparnas 2024.

Kontingen “Banua” atau Kalsel menduduki peringkat keempat dengan total perolehan medali sebanyak 131 keping (41 emas, 43 perak, 47 perunggu)pada Peparnas XVI di Papua 2021.

Kalsel berada pada peringkat keenam klasemen akhir perolehan medali dengan raihan 34 emas pada Peparnas XVI di Jawa Barat 2016.

“Melihat lonjakan prestasi itu, wajar bila pengurus Dispora Kalsel optimistis menembus tiga besar,” ucap Budiono.

Baca juga: Pemkab Kudus berikan bonus bagi atlet peraih medali di PON Papua

Pewarta : Imam Hanafi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024