Temanggung (ANTARA) - Tiga bakal pasangan calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung 2024 lolos tes kesehatan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, Jawa Tengah.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois di Temanggung, Selasa, mengatakan bahwa tiga bakal pasangan calon yang menjalani tes kesehatan mulai 31 Agustus hingga 2 September 2024 itu tidak terindikasi menyalahgunakan narkotika.

Pada Pilkada 2024, KPU Kabupaten Temanggung telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon, yakni pasangan Agus Setyawan-Nadia Muna (PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan PKS), pasangan Heri Ibnu Wibowo-Fuad Hidayat (Partai Gerindra, PKB, Partai Demokrat, dan PSI), dan pasangan Muhammad Al Khadziq-Bimo Alugoro (Partai Golkar, PAN, dan Partai NasDem).

Untuk pemeriksaan psikologi berbentuk psikotes, kata Henry, pelaksanaannya secara bersama-sama. Dengan demikian, tidak hanya calon peserta pilkada dari Temanggung, tetapi juga dari Klaten, Kota Magelang, dan Purworejo di satu ruangan.

Dijelaskan pula bahwa pemeriksaan kesehatan fisik dan narkoba itu secara bergantian di sejumlah ruangan.

"Hasil tes kesehatan tiga bakal pasangan calon Pilkada Temanggung itu baru kami terima hari ini. Tes tersebut meliputi kesehatan fisik, psikologi, dan penyalahgunaan narkotika," katanya.

Henry mengemukakan bahwa tim kesehatan RSUP Soeradji Tirtonegoro menyimpulkan tiga pasangan calon peserta pilkada yang melakukan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani dan rohani dianggap mampu.

"Untuk penyalahgunaan narkotika, dinyatakan tidak terindikasi," katanya.

Baca juga: KPU Purbalingga tunggu hasil pemeriksaan kesehatan paslon

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024