Magelang (ANTARA) - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang menggelar Liga Voli 2024 Antar-SD dan SMP di GOR Samapta Sanden untuk menumbuhkan minat dan bakat voli kalangan siswa dan membudayakan olahraga sejak dini.

"Tujuan kejuaraan ini untuk menumbuhkembangkan budaya olahraga sejak dini, menciptakan iklim potensi sejak dini, termasuk pembibitan atlet berprestasi," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Liga Voli 2024 Antar-SD dan SMP Tingkat Kota Magelang Noviana Anggraeni dalam keterangan Bagian Prokompim Pemkot Magelang di Magelang, Rabu.

Ia menjelaskan ajang selama  27-31 Agustus 2024 itu, sekaligus tahapan seleksi perwakilan daerah setempat pada kejuaraan serupa tingkat lebih tinggi.

Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur menyambut baik ajang tersebut, termasuk memberikan apresiasi kepada mereka yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Mudah-mudahan melalui perlombaan ini, dapat kita jadikan sebagai sarana konsolidasi, adu bakat, dan prestasi para pelajar SD dan SMP di Kota Magelang," katanya.

Ia mengatakan olah raga bola voli mengajarkan banyak hal, tidak saja kekuatan fisik akan tetapi juga membutuhkan keterampilan, pemikiran, taktik, strategi, kesabaran, keuletan, kerja keras, dan kerja tim.

Oleh karena itu, katanya, liga ini harus benar-benar dimanfaatkan sebagai sarana pembentukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas secara fisik dan mental.

"Intinya, melalui turnamen ini, mari bersama kita kembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga kepada masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, dia mengingatkan seluruh peserta lomba menumbuhkan bahkan memelihara kebersamaan, sportivitas, menjunjung tinggi "fair play", memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Ia meminta semua pihak yang terlibat dalam ajang itu menaati ketentuan pertandingan yang telah disepakati bersama.

"Termasuk kepada para wasit agar menjalankan tugas dengan jujur, tegas, dan objektif," ujar dia. 

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024