Semarang (ANTARA) - PLN Icon Plus dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia bersama masyarakat Desa Bringin menggelar kegiatan bertajuk ICONNET Seru X Merti Desa Bringin. 

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 18 Agustus 2024 di Lapangan Desa Bringin, Kota Salatiga tersebut menjadi ajang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang sarat dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. 

ICONNET yang merupakan layanan internet retail PLN Icon Plus, sebagai penyelenggara utama, menggandeng berbagai elemen masyarakat untuk berkolaborasi dalam acara tersebut.

Puncak acara dimeriahkan dengan prosesi Merti Desa, sebuah tradisi adat yang bertujuan untuk mensyukuri berkah alam dan memohon keselamatan bagi seluruh warga desa. 

Acara berlangsung dengan penuh semangat kebersamaan dan gotong royong, mencerminkan semangat kemerdekaan yang menjadi landasan bangsa. 

Dalam prosesi tersebut warga desa bersama-sama membawa hasil bumi untuk dipersembahkan kepada leluhur sebagai bentuk rasa syukur.

Selain itu, rangkaian acara juga diisi dengan berbagai perlombaan tradisional yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Perlombaan seperti panjat pinang, balap karung, hingga tarik tambang, semuanya diselenggarakan dengan penuh semangat dan antusiasme.

"ICONNET Seru X Merti Desa Bringin ini bukan hanya sekadar acara, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga, serta meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat gotong royong," kata Deri Prasetio Utomo, selaku General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Tengah.

Acara ini juga mendapat sambutan hangat dari warga Desa Bringin. Mereka mengapresiasi inisiatif ICONNET yang turut melestarikan budaya lokal dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli serta berpartisipasi aktif dalam perayaan HUT RI. 

"Adanya kegiatan ini diharapkan semangat kebersamaan dan persatuan semakin terjalin erat di tengah masyarakat dan dengan berakhirnya rangkaian acara ICONNET Seru X Merti Desa Bringin, semangat kemerdekaan dan kebersamaan diharapkan terus hidup di hati setiap warga, membawa Desa Bringin menuju masa depan yang lebih baik dengan tetap berpegang pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat nasionalisme," tutup Deri.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024