Blora (ANTARA) - Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Randublatung, Kabupaten Blora, menggelar Karnaval Kecamatan Randublatung, pada 19 Agustus 2024.

Dalam karnaval itu, para pelajar SMK PSM Randublatung menyulap pelepah pisang menjadi kostum karnaval yang indah.
Pemanfaatan pelepah pisang ini diambil dikarenakan pada musim kemarau seperti ini, banyak terdapat pelepah pisang yang kering dan dari itulah memunculkan ide dari siswa siswa untuk memanfaatkan bahan yang tersedia banyak lingkungan sekitar.

Tak hanya dari pelepah pisang, pelajar SMK PSM Randublatung juga menyulap kostum karnaval dari kulit jagung (klobot) yang tersedia melimpah ruah dikarenakan warga Randublatung sedang panen raya jagung.

Selain itu, pelajar SMK PSM Randublatung juga menampilkan kostum yang terbuat dari bungkus ni instan yang juga pernah menjuarai dalam ajang perlombaan di acara Karnaval SCTV tahun 2024. 

Kostum berbahan limbah plastik, botol, serta koran bekas itu berhasil memukau warga dalam karnaval yang diadakan Kecamatan Randublatung pada tahun ini.

Acara Karnaval Tingkat Kecamatan Randublatung ini diikuti oleh pelajar tingkat taman kanak-kanak (TK), SD, SMP,  SMA/SMK, serta masyarakat warga Kecamatan Randublatung, untuk menyemarakkan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI.

Kepala Sekolah SMK PSM Randublatung, Mulyono mengatakan pada kegiatan karnaval tahun ini, pihaknya mengirimkan 70 siswa yang mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju, yang menampilkan berbagai macam kostum adat Sulawesi, Minangkabau, Aceh, Bali, Batak, Kalimantan, NTT , Jawa Tengah, Jawa Timur, serta menampilkan tari ireasi dari Kalimantan Tengah yang juga menampilkan karya hasil P5 (Projek Penguatan Pelajar Profil Pancasila) yang mengambil tema Kewirausahaan dengan proyek pengolahan bahan limbah yang ada di sekitar menjadi kostum karnaval.

Ketua Panitia HUT RI SMK PSM Randublatung, Purwanto menambahkan karnaval ini  dapat menumbuhkembangkan semangat kemerdekaan di tingkat pelajar SMK PSM Randublatung dengan menampilkan karya terbaik mereka. ***

 

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024