Semarang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana mengingatkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Provinsi Jateng merupakan momentum yang tepat untuk introspeksi dan evaluasi kinerja.

"Selalu berintrospeksi diri dan mengevaluasi kinerja yang sudah kita lakukan," katanya usai menjadi Inspektur Upacara HUT ke-79 Jateng di Lapangan Pancasila, Kota Salatiga, Senin.

Menurut dia, Pemprov Jateng terus bekerja untuk kesejahteraan masyarakat dan sudah banyak kinerja yang menuai prestasi, antara lain inflasi yang terkendali, pertumbuhan ekonomi yang tumbuh positif, angka kemiskinan dan pengangguran yang berkurang, serta capaian nilai investasi yang tinggi.

Berdasarkan data, perekonomian Jateng pada triwulan II 2024 tumbuh positif sebesar 4,92 persen secara year on year (yoy), sedangkan inflasi secara tahunan terkendali dengan baik di angka 1,86 persen pada Juli 2024.

Angka kemiskinan ekstrem, kata dia, juga turun dari 1,97 persen pada tahun 2022 menjadi 1,11 persen pada tahun 2023. Angka pengangguran Jateng juga mengalami penurunan dari sebesar 5,13 persen pada Agustus 2023 menjadi 4,39 persen pada Februari 2024.

Meski demikian, ia mengingatkan prestasi tersebut jangan mudah membuat puas, tetapi harus dituntaskan demi kemajuan Jateng pada masa mendatang sejalan dengan tema HUT ke-79 yakni Maju Gemilang.

Dalam membangun Jateng agar bisa melaju gemilang, kata dia, perlu adanya kebersamaan dan sinergitas dari banyak pihak.

Sementara itu pelajar SMA Negeri 1 Salatiga Ratih berharap tersedianya ruang bagi siswa-siswi untuk mengekspresikan bakat dan minatnya sehingga akan membantu mereka menggapai masa depan.

Sebagai informasi, perayaan HUT Ke-79 Jateng dipusatkan di Kota Salatiga dengan berbagai kegiatan dipersembahkan kepada masyarakat, seperti bakti sosial, pameran UMKM, pagelaran wayang kulit, lomba band, Jateng Bersholawat, fun run, dan konser musik yang menghadirkan artis nasional.

Baca juga: Meluruskan sejarah hari jadi Provinsi Jateng dan momentum berbenah

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024