Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah, dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan RI menyelenggarakan lomba mural (melukis di dinding) sekaligus sebagai sarana mempromosikan pariwisata di daerah ini.

Kepala Bidang Destinasi dan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang Debby Sintya, di Batang, Kamis, mengatakan bahwa lomba mural tersebut diikuti oleh 16 tim dari sejumlah daerah, seperti Kabupaten Pemalang, Pekalongan, dan Magelang.

"Ya, lomba diselenggarakan selama sehari, yaitu Kamis, di objek wisata THR Kramat. Lomba ini, kami mengambil tema potensi wisata yang ada di daerah ini," katanya pula.

Menurut dia, lomba mural sengaja memilih potensi wisata daerah, karena bertujuan sebagai sarana promosi atau mengenal potensi wisata.

Pada lomba ini, kata dia, para peserta diberikan kebebasan untuk memilih salah satu potensi wisata yang ada daerah, termasuk juga desa wisata.

"Adapun, untuk waktu pengerjaan sendiri sudah kami tentukan," kata Debby Sintya.

Beberapa potensi wisata yang dimiliki daerah ini, seperti objek wisata Pantai Sigandu, Forest Kopi, Pantai Ujungnegoro, THR Kramat, objek wisata alam Waykambang, dan Pantai Kuripan.

Dia menyatakan, untuk dewan juri lomba mural, pihaknya menggandeng Dewan Kesenian Daerah (DKD) setempat untuk menentukan lukisan dinding terbaik.

"Kami berharap, semoga kegiatan ini juga bisa menjadi ajang promosi wisata. Selain itu juga untuk mempromosikan THR Kramat Batang yang merupakan objek wisata keluarga yang lokasinya dekat pusat kota," katanya.

Baca juga: KPU Kudus gelar lomba mural untuk sosialisasikan Pemilu serentak 2024
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024