Solo (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi memberikan rekomendasi pada pasangan KGPAA Mangkunegara X-Astrid Widayani pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024. 

Ketua DPW PSI Jawa Tengah Antonius Yogo di Solo, Jawa Tengah, Kamis mengatakan rekomendasi keluar usai melalui rapat di tingkat DPP.

Menurut dia, rekomendasi untuk keduanya diberikan dengan berbagai pertimbangan matang.

"Hari ini secara resmi DPP PSI langsung oleh mas ketum (Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep-red) untuk Kota Surakarta atas nama Sri Paduka Mangkunegara X berpasangan Astrid Widayani," katanya. 

Ia mengklaim dari survei yang dilakukan, di antaranya dari sisi perpaduan pasangan, pengenalan masyarakat Kota Solo, popularitas, dan elektabilitas, keduanya mencatat angka yang bagus. 

"Gusti Bhre sudah mulai leading, untuk mbak Astrid juga surveinya bagus. Jadi perpaduan pas dan dirapatkan di DPP dan hari ini diserahkan," katanya. 

Sebagai tindak lanjut keluarnya rekomendasi tersebut, pihaknya akan membuka komunikasi dengan partai-partai yang tergabung dalam koalisi besar untuk memenangkan rekomendasi yang sama, yakni mengusung Gusti Bhre-Astrid Widayani.

Menurut dia, koalisi besar yang telah terbentuk di Solo sudah menyepakati bahwa siapapun pasangan wali kota dan wakil wali kota yang diajukan akan tetap dimenangkan. 

"Kami menjaga komunikasi dengan partai lain, karena semua sudah sepakat mengusung Gusti Bhre untuk wali kota, jadi tinggal menentukan wakil," katanya.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya menunggu rekomendasi dari partai lain yang tergabung dalam koalisi besar, yakni Partai Gerindra, PKB, PAN, PKS, dan Partai Golkar.

Sebelumnya, rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Hall Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis. Gusti Bhre dan Astrid Widayani hadir langsung dalam penyerahan surat rekomendasi itu.


 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024