Temanggung (ANTARA) - Para pelajar dan anggota TNI Kodim 0706/Temanggung melakukan kirab dan membentangkan Bendera Merah Putih ukuran 30 x 15 meter di Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI.

Komandan Kodim 0706/Temanggung Letkol Inf Sriyono di Temanggung, Senin, menyampaikan kirab dan pembentangan Bendera Medah Putih ini merupakan kemanunggalan TNI dengan para pelajar.

Kirab bendera raksasa tersebut dilakukan dari Kodim 0706/Temanggung menuju Alun-Alun Temanggung. Kegiatan ini diikuti sekitar 2.100 pelajar terdiri dari SMK Bhumi Phala (Mipha) Parakan sebanyak 1.600 pelajar dan 500 dari siswa SD, SMP dan SMA/SMK sekitar Temanggung.

Ia menyampaikan kegiatan ini untuk memeriahkan HUT ke-79 RI. Menurutnya, kirab dan membentangkan Bendera Merah Putih agar masyarakat, terutama pelajar Kabupaten Temanggung, memiliki motivasi untuk tetap mengisi kemerdekaan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan makna tersendiri bagi para pelajar untuk tetap berjuang untuk mengisi kemerdekaan guna menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini untuk mengingatkan kepada para pelajar, membangkitkan motivasi mereka, dan jiwa patriotik mereka harus bangkit. Merah Putih di dadaku harus betul-betul tertanam pada para pelajar, katanya.

"Selain itu untuk mengingatkan perjuangan Mayor Jenderal TNI Bambang Soegeng yang merupakan pahlawan dari Kedu dalam menghadapi penjajahan Belanda yang tadi kita saksikan teatrikalnya bersama," katanya.

Penjabat (Pj) Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menyampaikan Pemkab Temanggung memberikan apresiasi atas kegiatan ini. Kodim 0706 Temanggung dan para pelajar telah melakukan kirab dan membentangkan Merah Putih.

"Kegiatan ini merupakan rasa kebanggaan kita, karena apapun masyarakat Temanggung dan utama seluruh pemuda di Kabupaten Temanggung harus melihat betul bahwa perjuangan untuk merebut kemerdekaan itu tidak hanya sekadar membalikkan tangan, tetapi para pejuang harus menyerahkan jiwa dan raganya untuk negara RI," katanya.

Kepala SMK Mipha Parakan Slamet Purwanto menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0706/Temanggung untuk mengadakan kirab dan pembentangan bendera raksasa.

"Tujuannya kita ingin mengemas secara kekinian untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada siswa di Kabupaten Temanggung. Persiapan kegiatan ini sekitar satu bulan," katanya.

Ia menyampaikan ingin tekankan kepada generasi muda tentang jiwa nasionalisme yang bisa dikemas sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Pemkab Batang bagikan belasan ribu bendera Merah Putih

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024