Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada Perubahan APBD Tahun 2024 akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp21 miliar untuk perbaikan sejumlah ruas jalan kabupaten.

Dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Purbalingga dengan agenda Penyampaian Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda Perubahan APBD Tahun 2024 di Ruang Rapat DPRD, Purbalingga, Rabu, Sekretaris Daerah Purbalingga Herni Sulasti mengatakan alokasi anggaran tersebut terdiri atas anggaran pemeliharaan berkala dan anggaran pemeliharaan rutin.

"Anggaran pemeliharaan berkala jalan pada Perubahan APBD Tahun 2024 direncanakan sebesar Rp11,19 miliar, sedangkan pemeliharaan rutinnya sebesar Rp10,4 miliar," katanya.

Dia mengharapkan anggaran sebesar itu dapat digunakan untuk pemeliharaan berkala jalan sepanjang 18 kilometer dan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 220 kilometer.

Oleh karena kemampuan APBD yang semakin terbatas, kata dia, perlu didorong adanya kesepahaman antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam menjaga serta mempertahankan kondisi infrastruktur jalan agar tetap dalam kondisi mantap.

Dalam hal ini, lanjut dia, pemerintah daerah terus mengupayakan sumber dana dari pemerintah pusat maupun provinsi.

"Sedangkan dunia usaha dan masyarakat diharapkan untuk berperan aktif dalam menjaga serta memelihara infrastruktur sesuai dengan tanggung jawab masing-masing," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sekda juga menyampaikan jawaban Bupati Purbalingga atas pertanyaan mengenai pemanfaatan Bendung Slinga yang tengah dikerjakan oleh pemerintah pusat.

Menurut dia, saluran sisi kanan direncanakan untuk menyuplesi saluran irigasi Ponggawa, Desa Sidakangen, Kecamatan Kalimanah.

Sementara saluran sisi kanan, kata dia, direncanakan untuk menyuplesi saluran irigasi sekunder Krenceng Kanan serta saluran irigasi sekunder Onggok Bawah, Bentala, dan Penaruban yang saat ini masih menyelesaikan pembuatan jaringan lanjutan di Desa Lamuk serta pembuatan talang melewati Kali Pekacangan.

Dia memperkirakan kedua saluran tersebut akan dapat difungsikan pada bulan Desember 2024.

Baca juga: Pemkab Kudus perbaiki jalan menuju objek wisata Rahtawu

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024