Magelang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Magelang Sepyo Achanto mencanangkan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magelang Tahun 2024 di Pendopo Soepardi, Setda Kabupaten Magelang.

Bupati Sepyo Archanto di Magelang, Jawa Tengah, Kamis, menyampaikan kegiatan ini merupakan suatu komitmen dan dukungan pemerintah daerah (pemda) terhadap kegiatan sosial kemanusiaan.

Diketahui bersama PMI mempunyai peran yang strategis terkait dengan kegiatan dalam bidang sosial dan kemanusiaan. Tidak hanya terbatas pada penanganan bencana, namun juga berbagai kegiatan lain seperti donor darah, pelayanan ambulan, dan pembinaan generasi muda melalui PMI remaja.

"Atas nama pribadi dan pemda kami juga mengapresiasi atas kinerja PMI Kabupaten Magelang dalam membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang di bidang penanganan kemanusiaan," katanya.

Ia berharap  PMI terus melakukan peningkatan, memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam penanganan kemanusiaan. Pada 2023 PMI Kabupaten Magelang telah sesuai target dengan mengumpulkan dana sebesar Rp 1,4 miliar.

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih baik dari PMI, masyarakat, dan semua stakeholder yang ada di Kabupaten Magelang yang telah memberikan sumbangannya dengan suka rela, ikhlas, sehingga dapat terkumpul sejumlah dana tersebut," katanya.

Ia mengharapkan penggalangan dana PMI pada tahun 2024 ini bisa terus meningkat dan dikembalikan kepada masyarakat membutuhkan, serta seluruh lapisan masyarakat, bisa bersama-sama mensukseskan Bulan Dana PMI tahun 2024.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Magelang Tahun 2024 Adi Waryanto menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan Bulan Dana PMI untuk menyosialisasikan gerakan pengumpulan dana agar masyarakat dengan sukarela memberikan sumbangan Bulan Dana PMI guna kepentingan kemanusiaan.

Sementara peserta pada Bulan Dana PMI ini terdiri dari jajaran Forkopimda, OPD, BUMN, BUMD, instansi vertikal, dan PMI kecamatan se-Kabupaten Magelang.

"Untuk pelaksanaan Bulan Dana PMI ini dilaksanakan mulai bulan Agustus-Oktober 2024," katanya.

Pencanangan bulan dana PMI Kabupaten Magelang Tahun 2024 ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto yang didampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang.

Baca juga: Wali Kota Magelang dorong pemangku kepentingan menyokong PMI

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024