Semarang (ANTARA) - 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) merupakan periode emas yang menentukan masa depan anak, karena pada tahap perkembangan otak dan organ tubuh yang paling pesat, serta sekitar 80 persen sel saraf otak sudah selesai terbentuk atau merupakan pondasi kecerdasan, emosional, dan sosial anak terbentuk. Jika kehilangan kesempatan pada masa 1.000 HPK tidak dapat diubah dan jika abai, bisa memiliki konsekuensi penyakit kronis yang diderita anak dari mulai stunting, hingga gangguan kardiovaskuler, sampai gangguan pertumbuhan lain.

"Stimulasi dan nutrisi yang tepat selama periode ini sangat penting untuk mencapai potensi maksimal anak. Menyadarkan orang tua tentang pentingnya memberikan perhatian selama 1.000 HPK adalah kunci untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal,” kata dokter dr.  Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals.

Junita, Business Unit Head Morinaga Growing Up Milk KALBE Nutritionals menyebutkan Morinaga merumuskan tiga pilar pengasuhan karena dinilai krusial demi tumbuh kembang anak yang optimal, pertama, pilar Gali Potensi yang memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka tanpa paksaan, mendorong mereka untuk menemukan potensi diri mereka.

Kedua, pilar Beri Atensi yang menekankan pentingnya memberikan stimulasi, kasih sayang, dan interaksi yang berkualitas untuk membangun koneksi emosional yang kuat dan mendukung perkembangan sosial dan emosional anak. Ketiga, pilar Nutrisi Terbaik yang memastikan terpenuhinya kebutuhan gizi anak dengan makanan bergizi seimbang dan suplemen yang tepat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak, daya tahan tubuh kuat, dan fisik yang optimal.

Bertepatan dengan momentum Hari Anak Nasional 2024 yang mengangkat tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju,  Junita mengatakan pihaknya memberikan dukungan pada peran orang tua di 1.000 HPK dengan mengumpulkan 1000 kisah inspiratif dari orang tua tentang bagaimana Morinaga membantu mereka dalam mengoptimalkan 1.000 HPK anak mereka.

"Para orang tua dapat memberikan inspirasi ke orang tua lainnya dengan berpartisipasi dalam #1000CeritaBunda Bersama Morinaga. Orang tua dapat berbagi cerita 1.000 hari pertama kehidupan si kecil dengan menggunakan template ‘Add Yours’ dari Instagram @morinaga.id," katanya.

Untuk lima orang tua beruntung akan mendapat hadiah menarik dari Oxone Indonesia dan produk Morinaga senilai Rp5.000.000 Info lengkap syarat dan ketentuan lebih lanjut dapat di cek melalui postingan Instagram melalui postingan Instagram @morinaga.id. Periode ini berlangsung dari tanggal 24 Juli hingga 24 Agustus 2024.

Reisa Broto Asmoro, seorang mominfluencer dan dokter yang aktif mengedukasi masyarakat terkait gaya hidup sehat menyetujui pentingnya peran orang tua di masa 1.000 HPK. Menurutnya menemani anak bertumbuh merupakan pengalaman istimewa, tidak terlupakan, dan tidak dapat diulangi oleh orang tua.

"Menarik sekali jika ada wadah untuk mengumpulkan kisah-kisah manis tersebut dan dapat membaca pengalaman orang tua lain untuk menjadi pembelajaran, juga hiburan," katanya Reisa Broto Asmoro ketika diminta komentarnya tentang program 1.000 kisah inspiratif tersebut.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024