Temanggung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo mengimbau masyarakat yang telah mempunyai hak pilih pada Pilkada 2024 untuk mengikuti pencocokan dan penelitian (coklit) data yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung yang telah mempunyai hak pilih untuk mengikuti coklit sampai tanggal 24 Juli 2024," katanya di Temanggung, Sabtu.

Ia menyampaikan hal tersebut usai menjalani coklit di Rumah Dinas Bupati Temanggung di Pendopo Pengayoman Temanggung.

Ia menuturkan ada petugas pantarlih yang mencoklit kepada masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih dengan mendatangi rumah masing-masing.

Menurut dia hasil coklit nanti sebagai persyaratan untuk bisa ikut pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Dalam pencoklitan tersebut, Penjabat Bupati Temanggung yang beralamat di RT 03, RW 08 Kelurahan Sidoreno, Kecamatan Temanggung dalam satu keluarga tercatat ada empat pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung Henry Sofian Rois menyampaikan pantarlih telah melakukan coklit sejak Senin (24/6) dan akan selesai pada 24 Juli 2024.

Ia menuturkan KPU Temanggung menerjunkan petugas pantarlih sebanyak 2.376 orang dan mereka mencoklit pemilih di 1.303 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Temanggung.

Henry menyampaikan di awal coklit ini, petugas memang melakukan untuk tokoh masyarakat di Kabupaten Temanggung, antara lain Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Penjabat Bupati Temanggung, Ketua MUI, Ketua Muhammadiyah, Ketua NU, dan Ketua FKUB.

"Tokoh-tokoh masyarakat dan agama tersebut diharapkan dapat mengajak, mengimbau dan memberi teladan kepada masyarakat agar bisa melakukan coklit dengan memberikan data-data kepada petugas guna pemutakhiran data pemilih," katanya.

Baca juga: Bawaslu Batang ingatkan masyarakat terdaftar dicoklit Pilkada 2024

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024