Magelang (ANTARA) - Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Magelang meluncurkan program "Gerakan Kabupaten Magelang Go Organik".

"Pengembangan sistem pertanian organik adalah sistem manajemen produksi yang holistik untuk meningkatkan dan mengembangkan kesehatan agroekosistem, termasuk keragaman hayati, siklus biologi, dan aktivitas biologi tanah," katanya di Magelang, Kamis

Selain itu, katanya, model bercocok tanam yang tidak hanya menghasilkan produk yang sehat dan aman dikonsumsi, tetapi juga menjaga keseimbangan alam dan keberlanjutan lingkungan.

Ia menyampaikan tujuan go organik merupakan gerakan yang mendorong penggunaan produk ramah lingkungan, menguranggi dampak negatif pengunaan bahan kimia, sekaligus mendorong mempromosikan produk pertanian sehat.

"Saya berkomitmen untuk mendukung dan mempromosikan pertanian organik di Kabupaten Magelang," katanya.

Ia memiliki harapan besar agar semua masyarakat dapat berperan aktif dalam mendukung dan memajukan sektor pertanian di Kabupaten Magelang.

Menurut dia, mengkonsumsi atau membeli produk pertanian lokal sangat penting untuk meningkatkan perekonomian daerah, serta kualitas dan kesegaran produk lebih terjamin, mengurangi jejak karbon, dan sebagai upaya mendorong kemandirian pangan.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Magelang untuk mulai memprioritaskan produk pertanian lokal yang sudah menuju sehat dan organik. Marilah kita tunjukkan kebersamaan dan kepedulian kita dengan mendukung petani kita, tidak hanya membantu mereka tetapi juga membangun masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk Kabupaten Magelang," katanya.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024