Semarang (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paskibra Universitas Semarang (USM) akan menyelenggarakan lomba Gerakan Aksi Paskibra (GAP) VIII 2024 pada 28 Juli 2024.

Kegiatan tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Gelora Prof Sudarto USM itu sampai saat ini sudah ada 26 tim yang mendaftar. Ke-26 tim, yakni SMK N 3 Semarang, SMA N 3 Pekalongan (Tim A ) Dan (Tim B) SMA N 1 Karangawen, MAN 1 Kota Semarang, MAN 2 Grobogan, SMA N 7 Semarang, SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, SMA N 12 Semarang, SMA N 5 Semarang, SMA N 1 Ungaran, SMK Texmaco Semarang, SMA N 1 Andong Boyolali, SMA N 1 Slawi Tegal, SMA N 9 Semarang, SMA N 1 Demak, SMA N 2 Semarang, MAN 2 Semarang, SMA N 2 Demak, SMA PGRI 1 Pati, SMA N 4 Semarang, SMK N 1 Semarang ( Tim A ) dan (Tim B).

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, kegiatan ini digelar rutin setiap tahun.

Tahun 2024 ini yang ke-8 lomba digelar. 

''Saya mengapresiasi usaha seluruh panitia yang saat ini ada 32 tim yang ambil bagian dalam kegiatan ini,'' kata Junaidi.

Dia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

''Kami berharap, lomba ini rutin digelar setiap tahun dan menjadi salah satu ikon USM untuk memperkenalkan kepada siswa SMA di Indonesia agar nantinya para siswa ini dapat melanjutkan kuliah di USM. Selain itu, lomba ini juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air untuk generasi muda, karena generasi muda ini yang nantinya menjadi pemimpin-pemimpin bangsa,'' ungkapnya.

Ketua Panitia, Mar’atus Solekhah mengatakan, tema pada GAP kali ini yaitu Satria Prakasa Bak Gatotkaca, Wira Lir Srikandi yang artinya Pasukan Perkasa Layaknya Gatotokaca, Pemberani bagaikan Srikandi.

''Kami berharap, agar acara Gerakan Aksi Paskibra yang ke-8 bisa berjalan lancar dan sukses, sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan dan juga semua peserta diharapkan menunjukkan sikap disiplin dan sportivitas selama acara berlangsung sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam kegiatan baris berbaris,'' ungkapnya.

Panitia menyediakan juara piala bergilir, piala tetap dan uang pembinaan.***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024