Kudus (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kudus, Jawa Tengah, mengkampanyekan pengurangan sampah plastik memanfaatkan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day sebagai bentuk keterlibatan dalam kegiatan sosial lingkungan.

"Kampanye yang digelar di pasar tradisional di Kudus itu merupakan bagian dari kegiatan employee volunteering atau sukarela karyawan. Harapannya, tentu bisa ikut mengingatkan masyarakat agar selalu peduli terhadap isu-isu lingkungan," kata Pejabat Pengganti Sementara (Pps) Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Rostina di Kudus, Kamis.

Selain itu, kata dia, untuk mendorong masyarakat agar mengambil aksi nyata menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya dengan mengurangi sampah plastik.

Dalam memberikan contoh kepada masyarakat, terutama di lingkungan pasar tradisional, salah satunya Pasar Piji Kecamatan Dawe, Kudus, pihaknya membagikan tas belanja nonplastik dan ramah lingkungan.

Ia juga berharap employee volunteering ini bisa meningkatkan kepedulian karyawan terhadap isu-isu lingkungan sekitar dengan menggunakan dana mandiri.

"Seluruh karyawan mulai kepala kantor cabang, kepala bidang, serta para staf berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujarnya.

Kegiatan terjun langsung ke masyarakat itu, kata Rostina, juga sebagai bentuk komitmen BPJS Ketenagakerjaan Kudus dalam mendukung pelestarian lingkungan sekitar dengan cara mengurangi penggunaan plastik.

Selain membagikan tas ramah lingkungan, BPJS Ketenagakerjaan Kudus juga mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya bagi pedagang, tukang ojek, tukang parkir, kuli panggul, hingga konsumen pasar.

Dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan para pekerja informal akan lebih tenang dalam bekerja karena mendapatkan jaminan perlindungan dengan menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Relawan kebencanaan di Kabupaten Kudus terlindungi Jamsostek

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024