Magelang (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang menyatakan 1.000 bibit pohon sumbangan dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Jawa Tengah secara bertahap ditanam di berbagai tempat di Kota Magelang.

Kepala DLH Kota Magelang M Yunus dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang di Magelang, Selasa, menyebut beberapa tempat untuk penanaman bibit pohon tersebut, di antaranya Kebun Raya Gunung Tidar, berbagai taman kota, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Giriloyo, dan ruas jalan, sesuai jenis pohon dan peruntukan.

"Bibit ini juga nantinya dibagikan kepada instansi dan masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan bibit," katanya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menerima bantuan bibit pohon dari PSMTI Jawa Tengah dengan penyerahan secara simbolis oleh Ketua PSMTI Jateng Bambang Wuragil di Pendopo Pengabdian Rumah Jabatan Wali Kota Magelang.

Setelah menerima bibit pohon, Wali Kota Aziz bersama tokoh-tokoh PSMTI Jateng dan Kota Magelang menanam pohon di area Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark Kota Magelang.

Ketua PSMTI Jateng Bambang Wuragil mengatakan bantuan bibit pohon ini salah satu sumbangsih PSMTI Jawa Tengah untuk Kota Magelang. 

Bibit yang diberikan, yaitu mahoni (200 batang), pachira (250), sonokeling (250), saga (250), dan timoho (50).

"Semoga ke depannya kerja sama ini akan lebih baik lagi. PSMTI Jateng dan PSMTI Magelang siap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pak Wali di Kota Magelang ini," ujarnya.

Wali Kota Nur Aziz menilai pemberian bantuan bibit pohon salah satu bukti tentang peran masyarakat mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan cara merawat Bumi, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap 5 Juni.

"Ini menunjukkan peran dari masyarakat Kota Magelang yang tergabung di PSMTI, membuktikan semuanya peduli lingkungan hidup, terutama keindahan taman kota. Harapannya ke depan Magelang bisa menjadi kota yang sejuk dan banyak oksigen," katanya.

Ketua PSMTI Magelang yang juga Wakil Ketua PSMTI Jateng Slamet Santosa menjelaskan pemberian bantuan 1.000 bibit pohon ini kegiatan pertama kali diadakan PSMTI Jateng. 

PSMTI Kota Magelang kemudian mengajukan diri terkait dengan kesiapan menerima bibit, setelah berkoordinasi dengan Wali Kota Magelang dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang.

"Bantuan bibit ini juga dalam rangka Hari Lingkungan Hidup. Harapannya Kota Magelang menjadi lebih baik, hijau, teduh, sejuk, dan asri," kata dia.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024