Pemalang (ANTARA) - Kepolisian Resor Pemalang bersama Komando Distrik Militer/0711 Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako untuk warga terdampak pasang air laut (rob) di Desa Blendung, Kecamatan Ulujami.

Kepala Kepolisian Resor Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska di Pemalang, Kamis, mengatakan dalam pembagian paket sembako tersebut, para personel melakukan patroli dengan berjalan kaki ke pemukiman warga terdampak rob.

"Patroli jalan kaki dilakukan agar personel TNI-Polri dapat menyampaikan woro-woro (imbauan) terkait kamtibmas secara keliling (door to door) dengan menyambangi rumah warga sekaligus membagikan sedikit bantuan paket sembako," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Kepolisian Sektor Ulujami AKP Teguh Hadi Santoso mengatakan perlunya warga berpartisipasi mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) pada malam hari agar tercipta situasi yang aman dan kondusif.

"Kami juga berkoordinasi dengan RT dan RW agar mengaktifkan siskamling pada malam hari agar dapat memonitor ketinggian rob ketika warga sedang beristirahat," katanya.

Selain itu, Polri dan TNI mengimbau warga agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di tengah genangan rob.

"Meski kondisi pemukiman sedang tergenang rob, mari kita jaga lingkungan tetap bersih dengan tidak membuang sisa sampah di sembarang tempat," katanya.

Ia menambahkan pembagian bantuan paket sembako berupa mi instan dan beras tersebut dapat sedikit meringankan warga terdampak rob.*

Baca juga: BRI bagi 1.000 paket sembako pada umat Buddha di Temanggung

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024