Semarang (ANTARA) - Walisongo Halal Center (WHC) UIN Walisongo kembali memberikan pelatihan dan uji kompetensi kepada para juru sembelih hewan qurban. Hasil dari pelatihan tersebut, mereka akan mendapatkan sertifikat juru sembelih halal atau Juleha.

Pelatihan yang berlangsung di Kampus UIN Walisongo, Selasa (21/5) tersebut menggandeng Bank Indonesia Jawa Tengah dan dihadiri Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Nizar dan Mega Nazareta, selaku Asisten Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif, dan Ekonomi Islam Bank Indonesia.

Direktur WHC Malikhatul Hidayah menjelaskan tujuan diadakan pelatihan tersebut adalah agar para juru sembelih dan jagal melakukan hewan qurban dengan ihsan di antaranya, cara merobohkan yang baik tidak menyakiti dan menyembelih dengan pisau yang tajam, sehingga hewan tidak tersakiti.

Malikhatul menjelaskan setelah pelatihan, maka peserta akan mendapatkan sertifikat juru sembelih halal (Juleha) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). 

"Insyaallah kita akan membuka kembali pelatihan dan uji kompetensi Juleha jika memungkinkan. Untuk uji kompetensi juleha ber-BNSP kami akan kembali melakukan pelatihan tanggal 4 Juni," katanya.

Prof Nizar menyampaikan Walisongo Halal Center akan terus melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi bagi pada Juleha terlebih sebentar lagi akan ada Hari Raya Idul Adha. Tentu Walisongo Halal Center (WHC) juga akan berkolaborasi dengan beberapa pihak. 

Mega Nazareta Asisten Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif, dan Ekonomi Islam Bank Indonesia mengatakan saat ini produk pangan halal baik makanan minuman atau bahkan hewan sedang gencar dilirik oleh negara-negara yang bahkan mereka mayoritasnya non-Islam seperti Thailand, Filipina, Afrika, Korea. 

"Secara jelas mereka menyatakan sebagai suplier daging potong halal, maka ini menjadi tantangan bagi negara kita untuk mendukung bagi para Juleha. Adanya kerja sama dengan Walisongo Halal Center (WHC) semoga semakin banyak juleha yang berkompetensi dan tentu tersertifikasi legal," kata Mega.

Bagi para juru sembelih hewan qurban yang ingin mendaftar bisa mengecek informasinya yang disebar melalui akun instagram @whc_uinws.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024