Temanggung (ANTARA) - Panitia pemilihan kecamatan (PPK) senantiasa harus menjaga integritas, netralitas dan kredibilitas penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada), kata Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto.

"Hasil pemilihan yang baik ditentukan pula oleh proses penyelenggaraan pilkada yang berkualitas dan berintegritas," katanya pada pelantikan PPK pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dan Bupati dan Wakil Bupati Magelang 2024 di Magelang, Kamis

Sepyo mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPK se-Kabupaten Magelang yang baru saja dilantik.

Ia berharap seluruh anggota PPK dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, sehingga pilkada nanti dapat diselenggarakan dengan lancar, aman, jujur, adil dalam suasana damai dan kondusif.

Dia berpesan agar para PPK dapat bekerja sesuai dengan ketentuan, memahami akan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya, mempedomani kode etik sebagai petugas pelaksana, bersikap netral dan menghindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra demokrasi.

Ia menuturkan anggota PPK harus memahami tugas pokok dan fungsi, kewenangan serta kewajibannya dengan ikhlas dan tanggung jawab.

"Marilah kita dukung dan kawal bersama tahapan Pilkada Tahun 2024. Kita jaga bersama, keamanan, ketertiban, kerukunan dan kondusivitas di Kabupaten Magelang," ajaknya.

Menurut dia Pemerintah Kabupaten Magelang akan mendukung penuh tugas dari KPU dalam menjalankan tugas, baik dari segi anggaran maupun sarana prasarana yang dibutuhkan.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Magelang Ahmad Rofiq mengatakan bahwa tahapan demi tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati sudah dilaksanakan sejak bulan Februari 2024.

Hari-hari ini KPU sedang melakukan pembentukan badan ad hoc dengan melakukan pembentukan PPK yang dibuka melalui aplikasi Siakba, dimana semua calon pendaftar PPK harus mendaftar melalui Siakba.

"Ada 517 yang mendaftar dan dinyatakan lolos administrasi sebanyak 358 orang," katanya.

Setelah lolos administrasi maka dilanjutkan dengan tes tertulis melalui computer assisted test (CAT) yang dilaksanakan di Unimma dengan jumlah kehadiran sebanyak 286 peserta yang dilanjutkan dengan wawancara.

"Alhamdulillah yang hadir pada wawancara sebanyak 278 dan kemudian kita lantik pada hari ini sebanyak 105 orang," katanya.

Baca juga: Kemenkumham Jateng resmikan Klinik Kekayaan Intelektual Kab Magelang

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024