Solo (ANTARA) - Sejumlah istri menteri mulai menghadiri rangkaian acara Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Istri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang juga Ketua Harian Dekranas Tri Suswati di sela acara Pemberdayaan UMKM Perempuan Mandiri Melalui Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka HUT ke-44 Dekranas di Ndalem Wuryoningratan Solo, Jawa Tengah mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kompetensi terhadap perempuan mandiri sebagai pelaku UMKM.

"Harapannya tentu ini bisa meningkatkan ekonomi nasional secara umum, khususnya semua aspek pelaku UMKM di Solo. Khususnya perempuan mandiri," katanya.

Disinggung dipilihnya Solo sebagai lokasi acara, menurut dia, tidak ada pertimbangan khusus.

"Ini adalah program pemerintah pusat, pasti mencakup seluruh Indonesia. Tidak ada pemilihan khusus, ini program nasional jadi diadakan di seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan dalam acara tersebut juga terlibat asosiasi lain, seperti Kadin, HIPMI, dan sejumlah perusahaan BUMN.

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini mendorong instansi lain untuk berbuat yang sama," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kota Surakarta yang juga merupakan istri Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk para UMKM.

"Semoga perempuan-perempuan mandiri yang mempunyai usaha di Kota Solo sangat terbantu dengan adanya forum hari ini. Semoga ke depan makin banyak pelaku UMKM, membantu perekonomian, bukan hanya di Solo tapi juga sekitarnya," katanya.

Ia mengatakan pelaku UMKM terbukti mampu bertahan dalam situasi sulit ekonomi.

"Terbukti di kasus COVID-19 yang mampu bertahan justru pelaku UMKM," katanya.

Sementara itu, istri menteri lain yang juga terlihat di acara tersebut yakni Loemongga Haoemasan yang merupakan istri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga: HUT Dekranas di Solo, dimeriahkan Kirab Kriya dan Budaya

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024