Solo (ANTARA) - Kirab Kriya dan Budaya memeriahkan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Solo 15-18 Mei 2024.

Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian di Solo, Jawa Tengah, Minggu, mengatakan selain acara Dekranas, di waktu yang sama juga dilakukan peringatan HUT ke-52 Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK).

"HUT Dekranas itu diperingati setiap 3 Maret dan HKG PKK itu di 4 Maret. Jadi dua acara yang berbeda ini sengaja digelar bersamaan dalam satu rangkaian kegiatan untuk efisiensi," katanya.

Pada momen tersebut, panitia menyiapkan berbagai kegiatan mulai dari karnaval budaya, pameran UMKM, hingga penampilan sejumlah artis ibu kota.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang Usaha Baru Dekranas Endang Budi Karya Sumadi mengatakan karnaval yang akan diselenggarakan pada 15 Mei siang itu merupakan karnaval budaya terbesar dan diikuti oleh peserta terbanyak di Indonesia.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya nanti akan dilengkapi dengan pecah rekor MURI.

"Sampai saat ini parade ini merupakan parade yang terbesar di Indonesia dan ini sudah diakui oleh MURI. Nanti akan ada 102 kendaraan hias dengan tema kriya dan budaya. Akan membawa identitas dan budaya daerah masing-masing dan ini dilombakan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Surakarta Budi Murtono mengatakan kegiatan tersebut tidak lepas dari peran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang menjadi tuan rumah kegiatan.

"Ini acara nasional yang tuan rumahnya adalah Dekranas Provinsi Jawa Tengah, yang bertempat di Solo. Nanti akan ada banyak kegiatan yang bisa dinikmati oleh masyarakat," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024