Pekalongan (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Tegal, Jawa Tengah, menyiapkan penukaran uang Rp4,65 triliun untuk kebutuhan Lebaran 2024 di wilayah eks-Keresidenan Pekalongan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal Marwadi di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa ada 74 lokasi penukaran uang di wilayah eks-Keresidenan Pekalongan, 10 di antaranya berada di Kota Tegal.

"Uang layak edar yang disiapkan BI pada tahun ini meningkat 1,12 persen atau Rp150 miliar lebih banyak dibanding tahun sebelumnya Rp4,5 triliun," katanya.

Menurut dia, pelayanan penukaran uang pecahan kecil maupun uang pecahan besar di wilayah eks-Keresidenan Pekalongan sudah dimulai 20 Maret 2024 hingga Rp5 April 2024.

Namun khusus untuk program "Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi)" di Kota Tegal, kata dia, akan dimulai pada 1-4 April 2024 yang berlokasi di halaman parkir Kantor Samsat Kota Tegal.

Mawardi mengatakan jadwal pelayanan penukaran uang melalui "Mobil Kas Keliling Luar Kota" BI Tegal ini dilaksanakan di Pemkot Tegal dan Pemkot Pekalongan pada Selasa (26/3), kemudian di Pemkab Brebes pada Rabu (27/3), dan Pemkab Slawi, Kamis (28/3).

"Selanjutnya di Pemkab Pemalang dan Pemkab Pekalongan pada 1 April 2024 dan 3 April 2024," katanya.

Dikatakan, pada program "Serambi" itu, akan didukung 10 bank yang akan berpartisipasi dalam kegiatan penukaran uang Lebaran.Bank tersebut adalah BNI, BRI, BTN, BSI, BCA, BPD Jateng, Bank Mandiri, Bank Jabar, Bank Muamalat dan Bank Woori Saudara.

"Bagi masyarakat yang akan memanfaatkan layanan kas keliling Bank Indonesia Tegal ini dapat memesan terlebih dahulu di website resmi https://pintar.bi.go.id dengan menyertakan bukti KTP dan bukti pemesanan," katanya.

 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024