Solo (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Surakarta memastikan Viaduk Gilingan yang menjadi akses dari arah barat ke timur maupun sebaliknya dapat mulai beroperasi sebelum Lebaran 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad di Solo, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan sejauh ini pihaknya rutin berkomunikasi dengan pelaksana proyek pengerjaan Viaduk Gilingan.

Ia mengatakan koordinasi dilakukan untuk kebutuhan pengaturan lalu lintas di sekitar Viaduk Gilingan.

"Kami juga sempat melakukan pengecekan lokasi dan berkomunikasi dengan pihak pelaksana terkait pelaksanaan yang hingga saat ini berjalan sesuai rencana," katanya.

Ia mengatakan dari informasi yang diperolehnya, pengerjaan Viaduk Gilingan sampai masih berjalan sesuai target awal.

Sementara itu, penutupan akses lalu lintas Jalan Ahmad Yani, mulai dari Simpang Ngemplak-Simpang Gilingan dimulai sejak Jumat (15/3) malam hingga Rabu (3/4) malam.

Penutupan dilakukan dalam rangka pendalaman dan pelebaran akses di bawah Viaduk Gilingan. Targetnya pengerjaan tersebut diselesaikan pada H-7 Lebaran dengan harapan bisa untuk menunjang masa angkutan Lebaran mendatang.

"Pelebaran dan pendalamannya sudah selesai, selanjutnya akan dilakukan pengaspalan dan pekerjaan dinding di kanan kiri," katanya.

Pihaknya memperkirakan pada periode Lebaran akan ada sekitar 550.000-600.000 kendaraan yang keluar masuk Solo pada setiap hari.

"Harapannya sejak H-7 Lebaran sampai H+ sekian Lebaran akses Viaduk Gilingan bisa difungsikan secara normal," katanya.

Baca juga: Dishub Surakarta: Jelang Lebaran Viaduk Gilingan buka kembali

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024