Solo (ANTARA) - Geliat wisata yang terjadi di berbagai daerah saat ini memacu tingginya perputaran ekonomi, salah satunya penjualan kendaraan komersial Hino.

Direktur Utama PT Duta Cemerlang Motors atau Duta Hino Semarang Christian Hemasurya di Solo, Jawa Tengah, Rabu mengatakan saat ini di Jateng-DIY makin banyak pengusaha otobus (PO) yang bergerak di bidang pariwisata.

"Kondisi ini ikut mendongkrak penjualan bus merek Hino," katanya. 

Ia mengatakan penjualan Hino mulai membaik setelah sempat mengalami penurunan penjualan pada tahun 2021-2022 bersamaan dengan pandemi COVID-19.

Pihaknya mencatat pada periode 2021-2022 penjualan kendaraan bus dan truk tersebut sempat mengalami penurunan penjualan, termasuk di wilayah Jateng dan DIY.

Ia mengatakan pada saat tahun 2022 penjualan hanya di kisaran 330 unit. Meski demikian, pada tahun selanjutnya penjualan mulai memperlihatkan kenaikan, menjadi kisaran 600 unit.

Untuk tahun ini, pihaknya menargetkan penjualan Hino untuk wilayah Jateng-DIY bisa mencapai 650-700 unit.

Ia mengatakan peningkatan penjualan dari waktu ke waktu tersebut salah satunya didorong oleh sektor pariwisata. 

Sementara itu, saat ini Hino mengeluarkan tiga model seri bus terbaru dengan standar mesin emisi Euro 4. Ketiganya yakni Hino RM 280, GB150L, dan bus RK 280.

Untuk mengenalkan seri-seri tersebut, belum lama ini pihaknya mengajak para pelanggan melakukan kegiatan ramah-tamah. 

"Kami mengundang customer yang merupakan pengusaha otobus untuk memberikan penjelasan terkait fitur-fitur yang ada di seri terbaru Hino," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024