Magelang (ANTARA) - Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur meminta PMI Kota Magelang cepat dan tanggap melayani masyarakat yang membutuhkan.

"Sumpah pelantikan yang baru saja dilakukan mengikat kita kepada misi kemanusiaan yang juga sangat besar manfaatnya bagi kita. Selamat mengemban tanggung jawab dan amanah membantu pemerintah," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Kamis.

Ia menyampaikan hal tersebut pada pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Magelang masa bakti 2024-2029. Pelantikan dilakukan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana.

Menurut Mansyur, PMI merupakan salah satu kepanjangan tangan pemerintah yang dibutuhkan kehadirannya oleh masyarakat.

Oleh karena itu dia minta pengurus PMI memiliki satu tujuan yang sama untuk kemanusiaan.

Dia meminta jajaran dewan kehormatan dan pengurus baru segera bergerak cepat untuk merancang berbagai program kerja guna mengoptimalkan peran dan fungsi PMI di tengah masyarakat.

Meskipun kota kecil, katanya, Kota Magelang juga rawan bencana alam seperti angin ribut, hujan lebat, pohon tumbang serta bencana nonalam. Oleh karena itu, bantuan relawan PMI dibutuhkan.

Ketua PMI Kota Magelang masa bakti 2024-2029 Suko Tri Cahyo menyampaikan pelantikan ini momentum melanjutkan pengabdian dalam pengelolaan PMI Kota Magelang pada masa mendatang.

"Saya sadar sepenuhnya, tanggung jawab sebagai ketua tidaklah mudah, tapi dengan kerja sama segenap pengurus, Insyaallah lebih ringan menjalaninya," katanya.

Ia optimistis bisa menjalankan dan mewujudkan visi misi PMI agar keberadaan PMI dirasakan masyarakat melalui komunikasi serta keterbukaan baik di internal pengurus maupun pihak lainnya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024