Kudus (ANTARA) -
Persatuan Bulu Tangkis (PB) Klaten, Jawa Tengah, berhasil mendominasi ajang kejuaraan antar-klub mitra PB Djarum 2024 dengan menyabet empat juara dari berbagai kelas yang berlangsung 20-24 Februari 2024 di GOR Djarum Jati, Kabupaten Kudus.
 
"PB Klaten pada ajang serupa sebelumnya juga meraih juara terbanyak. Namun, klub badminton lainnya tentu punya peluang juga untuk meraih juara karena dari sejumlah terdapat klub baru yang bisa meraih juara, seperti dari Madura dan Semarang," kata Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Klub Mitra PB Djarum 2024 Sigit Budiarto di Kudus, Sabtu.
 
Ia mengungkapkan kejuaraan antar klub ini mempertandingkan empat kategori, yaitu U-9, U-11, U-13, dan U-15. Pada kategori U-9 dan U-11 mempertandingkan nomor tunggal, U-13 (nomor tunggal dan ganda), serta U-15 (nomor ganda).
 
Sementara PB Klaten berhasil meraih juara pada kategori ganda anak putri, ganda pemula putra, tunggal usia dini putra, dan tunggal anak putri.
 
Atlet bulu tangkis asal Madura yang bernaung di PB Angkasa Madura berhasil juara pada kategori tunggal usia dini putri, sedangkan Arista Semarang juara di kategori U-9 Putri.
 
Ia mengungkapkan kejuaraan antar klub mitra ini merupakan kesempatan emas untuk melakukan akselerasi dan pemerataan kemampuan terhadap atlet-atlet klub mitra.
 
"Dengan semakin meningkatnya kemampuan mereka, kelak lahir atlet-atlet berkualitas di berbagai penjuru Indonesia karena total pesertanya ada 363 atlet dari 27 klub mitra," ujarnya.
 
Menurut dia, kejuaraan ini memberikan para atlet binaan klub mitra PB Djarum jam terbang tambahan di luar kalender kompetisi bulu tangkis yang sudah ada. Sehingga diharapkan, atlet-atlet muda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan akselerasi kemampuan mereka sehingga bisa lebih berprestasi.
 
Sementara itu, bagi klub mitra, ajang ini dimaksudkan sebagai pemerataan pengetahuan dalam membina atlet-atlet muda sehingga sekalipun berada di daerah, tetap bisa menjalankan pola pembinaan yang efektif dalam mengembangkan bakat dan kemampuan atlet.
 
Aditya Sindoro, pelatih PB Champion Klaten mengaku bersyukur atas keberhasilan anak didiknya yang berhasil menciptakan laga final sesama Champion Klaten. Karena pencapaian positif di sektor ganda pemula putra tersebut dapat memotivasi para pemain di empat nomor lain di klub yang dibinanya.
 
"Setelah melakukan persiapan selama dua bulan, kami puas dengan hasil 'all-final' Champion Klaten ini. Bahkan, tiga wakil kami menjadi semifinalis. Inilah puncak keberhasilan kami di kejuaraan ini," ujarnya.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024