Wonosobo (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Wonosobo, Jawa Tengah, menggelar apel persiapan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) dan penyerahan perlengkapan perorangan dan lapangan untuk 325 personel pengamanan TPS.

Kapolres Wonosobo AKBP Donny Lumbantoruan di Wonosobo, Kamis, menjelaskan apel ini bertujuan memastikan kesiapan personel dan perlengkapan dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara.

Perlengkapan tersebut meliputi tas dan rolling bed. Nantinya personel pengamanan TPS diharapkan segera melengkapi diri dengan berbagai keperluan perorangan lainnya seperti senter, rompi, jas hujan, dan tongkat serta borgol.

Baca juga: Polres Jepara siapkan personel kawal truk pengangkut logistik pemilu

Ia menekankan pentingnya netralitas dan profesionalisme personel dalam menjalankan tugas pengamanan. Personel diminta untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi gangguan keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung.

"Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, jaga netralitas dan profesionalisme Polri. Pastikan situasi di TPS aman dan kondusif," katanya.

Ia menyebutkan, Polres Wonosobo akan menerjunkan 500 personel dalam pengamanan pemungutan dan penghitungan suara. Sejumlah 325 personel akan diterjunkan langsung untuk mengamankan 3.091 TPS di Kabupaten Wonosobo dengan pola pengamanan 2 polisi dan 32 Linmas untuk 16 TPS.

Usai pelaksanaan apel, Polres Wonosobo juga menggelar simulasi pengamanan proses pemungutan suara di TPS. Simulasi tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran bagi para personel yang akan melaksanakan pengamanan pemungutan suara.

"Jaga soliditas dengan instansi lain, jaga netralitas dan kesehatan rekan-rekan selama pengamanan nanti, pedomani buku panduan pengamanan Pemilu yang telah dibagikan, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjukNya supaya kita bisa memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara," katanya.

Baca juga: Polres Batang lakukan pembekalan pengamanan Pemilu 2024
Baca juga: Pangdam IV/Diponegoro pimpin apel kesiapsiagaan pengamanan Pemilu
Baca juga: Kapolda Jateng minta 808 bintara dan tamtama baru siap amankan pemilu

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024