Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta menyiapkan pendistribusian logistik pemilu ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Tempat Pemungutan Suarat (TPS) Pemilu 2024 di daerah setempat.

Ketua KPU Kota Surakarta Bambang Christanto di Solo, Jumat, mengatakan pengelolaan logistik dilakukan di tiga gudang di daerah tersebut, yakni Ndalem Joyokusuman Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Jalan Jageran No.18 Kelurahan Ketelan, Kecamatan Banjarsari, dan kantor KPU setempat di Jalan Kahuripan No.23 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari.

Ia menjelaskan aktivitas di Ndalem Joyokusuman berupa pengepakan logistik untuk Dapil Surakarta 1 dan 2, gudang di Jalan Jageran untuk Dapil 3 dan 4, serta gudang di kantor KPU setempat untuk Dapil 5.

KPU Surakarta dibantu badan ad hoc, yakni PPK dan PPS, serta tenaga pendukung di masing-masing kecamatan di tiga tempat tersebut, dalam pengaturan dan pengepakan logistik pemilu, yang antara lain surat suara, alat perlengkapan TPS, bilik suara, dan plano.

"Semuanya sedang proses masukkan dalam kotak suara," katanya.

Pihaknya menjadwalkan distribusi logistik dari KPU ke PPK pada 9-10 Februari 2024, kemudian ke PPS pada 11-12 Februari 2024, sedangkan pada H-1 pemilu atau 13 Februari 2024 sudah masuk di TPS. Daerah setempat meliputi 1.773 TPS, termasuk di lokasi khusus yakni rutan, rumah sakit, dan PMI.

Hinga saat ini, pihaknya masih menyelesaikan pengepakan logistik untuk Kelurahan Mojosongo dan Jebres.

Ia mengakui ada beberapa surat suara rusak atau tidak layak digunakan yang ditemukan saat penyortiran dan pelipatan. Pihaknya segera melakukan penggantian logistik itu dengan yang baru.

"Surat suara yang rusak sudah diganti ada sebanyak 8.685 lembar dan sudah dilakukan sortir dan dilipat. Jika sudah selesai segera masukkan di kotak suara untuk persiapan distribusi ke PPK dan PPS, serta TPS," katanya.

KPU Surakarta berkoordinasi dengan forkompimda setempat berkaitan dengan persiapan pendistribusian logistik, kesiapan petugas KPPS, dan petugas ketertiban di setiap TPS.

Jumlah warga setempat yang masuk daftar pemilih tetap pada Pemilu 2024 tercatat 439.009 orang sehingga disiapkan surat suara total 448.656 lembar, tempat pemilihan di 1.773 TPS, kotak suara 8.865 unit, dan bilik suara 7.092 unit.


Baca juga: KPU Temanggung ambil kekurangan surat suara DPD di provinsi

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024