Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bersama Universitas Safin Pati (USP) menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) di bidang pemberdayaan masyarakat.

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung, Senin, di Pendopo Kabupaten Kudus yang dihadiri Penjabat Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan sedangkan USP diwakili oleh Rektor Murtono.

Bupati Pati Haryanto di Kudus menyampaikan apresiasi atas terjalinnya kerja sama tersebut, khususnya dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

"Termasuk adanya kerja sama berupa pemberian beasiswa atau tugas studi kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kudus di Universitas Safin Pati," ujarnya.

Ia menambahkan Universitas Safin Pati akan besar sebagai sebuah institusi perguruan tinggi ketika selalu menjaga konsistensi dalam peningkatan kualitas lulusan.

Sementara itu, Rektor USP Murtono mengungkapkan Universitas Safin Pati dengan Pemkab Kudus sepakat menjalin kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Kudus.

Ia berharap dengan adanya MoU ini USP bisa memberikan sumbangsih dalam membangun masyarakat di Kudus melalui pendidikan, pengabdian, maupun penelitian atau inovasi.

"Termasuk untuk pengembangan kompetensi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, penyediaan tenaga ahli, penyediaan bahan ajar, penyediaan fasilitas pendidikan serta membina hubungan kelembagaan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, USP juga siap memberikan beasiswa dengan sistem pembagian biaya secara merata antara USP dengan Pemkab Kudus.*

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024