Semarang (ANTARA) - PT Pos Properti Indonesia telah memperluas berbagai bidang bisnisnya dalam industri properti sejak didirikan 10 tahun lalu, selain sebagai pengelola seluruh aset properti PT Pos Indonesia.

Direktur PT Pos Properti Indonesia Junita Roemawi, dalam pernyataan di Semarang, Kamis, menyampaikan bahwa perjalanan selama satu dekade merupakan tonggal bersejarah bagi Pos Properti.

"Sepuluh tahun adalah tonggak bersejarah bagi kami. Karena bukan hanya merayakan keberhasilan masa lalu, tetapi yang terutama adalah bagaimana menjadi jauh lebih baik lagi di masa depan," katanya.

Dalam perjalanan HUT ke-10 tahun, Pos Properti mengusung tema "beyond eXcellence" sebagai manifestasi dari komitmen perusahaan untuk terus melampaui standar keunggulan di industri properti.

Sejak didirikan 31 Desember 2013, kata dia, Pos Properti sukses melewati berbagai tantangan dengan sejumlah pencapaian yang membanggakan dari pertumbuhan pesat bisnis korporasi dan inovasi produk-produk properti.

Pos Properti memulai perjalanan bisnisnya sebagai pengelola Gedung Graha Pos Indonesia di Kota Bandung, sebagai tonggak awal sampai akhirnya dipercaya dan ditunjuk sebagai pengelola seluruh aset properti PT Pos Indonesia (Persero).

Pada 2015, Pos Properti mengembangkan sayap bisnisnya dengan membangun rumah komersil yang bernama Poin Regencia di daerah Ciparay, Jawa Barat.

Setelah sukses pembangunan tersebut, Pos Properti terus memperbesar bisnis "property development" dengan turut serta mendukung program pemerintah dalam pembangunan kawasan rumah subsidi di daerah Cikarang Bekasi di tahun 2019 dan sampai sekarang masih terus dikembangkan.

Di luar pengelolaan aset Pos Indonesia dan pengembangan properti, Pos Properti juga telah merambah ke bisnis "hospitality" sejak 2016 dengan mengembangkan beberapa "brand" baru.

Di antaranya, Point Homy (Co-living), Poin Phila (Boutique Hotel), Point Lab (Co-Working), Point Arena (Gaming House) dan Point Meal (Cloud Kitchen) yang terus bertumbuh dan kini telah tersebar di beberapa kota seperti Bandung, Jakarta dan Malang.

Pada akhir 2021, Pos Properti berkolaborasi dengan PT Ruang Kreatif Pos (PT RKP) melakukan restorasi Gedung Filateli di kawasan Pasar Baru Jakarta dan meluncurkan "creative hub" pertamanya yang diberi nama Pos Bloc Jakarta.

Meski pembukaan dilakukan masih di masa pandemi dengan berbagai keterbatasan, animo masyarakat ternyata sangat baik dan hanya dalam beberapa bulan sudah terlihat pertumbuhan yang positif.

Karena itu, Pos Properti bersama PT RKP memutuskan untuk melakukan proyek pengembangan Pos Bloc Jakarta Tahap 2, diikuti Pos Bloc Medan di tahun 2022 dan Pos Bloc Surabaya di tahun 2023.

Di tahun yang sama, Pos Properti juga mengembangkan "brand" lain dengan konsep creative hub di Malang (Post Haus) dan Bandung (POSCO), dan sukses meraih beberapa prestasi dan penghargaan nasional.

Antara lain,  Juara 3 Asset Manager 2022, Juara 3 Inovasi Bisnis dan Teknologi Anugerah BUMN 2022 dan Juara 2 Strategi Pemulihan Anak Perusahaan BUMN pada Anugerah BUMN 2023.

Dengan semangat itu, kata Junita, tema "beyond eXcellence" dipilih secara kolektif untuk mewujudkan semangat menjadi perusahaan inklusi yang terus bertumbuh positif dan bertekad untuk selalu memberikan yang terbaik.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan Pos Properti bukan hanya yang terbaik dari pencapaian korporasi tapi juga menjadi 'the best place to work' bagi seluruh karyawan kami," pungkasnya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024