Semarang (ANTARA) - Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) menggelar konsolidasi posko di wilayah eks Keresidenan Pekalongan, Jawa Tengah, untuk pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Ketua Umum Prima Agus Jabo Priyono, dalam pernyataan yang diterima di Semarang, Jumat, menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengonsolidasikan kekuatan, struktur, anggota, dan jaringan yang ada di eks Keresidenan Pekalongan.

Ia menjelaskan konsolidasi posko tersebut dalam rangka membumikan program dan visi misi Prabowo-Gibran pada rakyat biasa secara langsung, terutama di wilayah Pekalongan dan sekitarnya.

"Program dan visi misi Pak Prabowo dan Mas Gibran harus dibumikan, diterjemahkan langsung pada rakyat," katanya.

Menurut dia, beberapa program yang patut untuk didukung oleh masyarakat adalah hilirisasi dan industrialisasi nasional.

Sebab, kata dia, program-program itu dinilai dapat membangun kemandirian ekonomi, kedaulatan bangsa dan sebagai sumber kesejahteraan bagi rakyat.

"Ini program strategis yang harus dimengerti dan didukung oleh rakyat," katanya.

Ia mengklaim antusiasme masyarakat di bawah yang sangat tinggi sehingga optimistis pasangan Prabowo-Gibran memperoleh suara besar di wilayah Jateng.

"Dukungan rakyat pada Pak Prabowo dan Mas Gibran di sini cukup tinggi, kami optimis satu putaran," katanya.

Sementara itu, Ketua DPW Prima Jateng Bagas Ardhianto menambahkan bahwa program makan siang gratis dan susu gratis bagi anak-anak meski tampak sederhana adalah program strategis dan berdampak besar bagi rakyat.

Sebab, kata dia, program itu akan melibatkan aktivitas ekonomi rakyat, terutama sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Ekonomi akan hidup, program itu akan menggerakkan roda perekonomian rakyat dan memastikan makanan dan asupan gizi bagi masyarakat," katanya.

Kegiatan konsolidasi posko itu turut dihadiri oleh DPK PRIMA se eka Karesidenan Pekalongan, meliputi DPK PRIMA Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

Meski tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024, Prima masuk dalam bagian partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 telah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres menjadi peserta Pilpres 2024.

Ketiganya adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ketua Umum Prima jadwalkan "roadshow" keliling Jateng

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024