Kudus (ANTARA) - Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menggencarkan patroli keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu 2024 ke gudang tempat penyimpanan logistik pemilu, kantor KPU dan Bawaslu Kudus.

"Peningkatan patroli ini merupakan rangkaian kegiatan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024. Dengan tujuan memberikan rasa aman kepada penyelenggara pemilu, sekaligus menciptakan suasana Kota Kudus tetap aman dan kondusif," kata Kasat Samapta Polres Kudus AKP Ngatmin di Kudus, Selasa.

Dalam patroli tersebut, kata dia, melibatkan satgas preventif yang berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu.

Personel satgas preventif dalam melaksanakan kegiatan patroli, kata dia, selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan pejabat KPU agar tercipta komunikasi yang baik antara Polri, KPU, dan Bawaslu dalam menyambut Pemilu tahun 2024 di Kudus, sehingga diharapkan dapat selalu tercipta situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Misi kami adalah untuk memastikan proses pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai. Dengan rutin melakukan patroli dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait, Tentunya dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi pejabat KPU dan masyarakat," ujarnya.

Ia menegaskan satgas preventif dalam Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 ini berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban, dedikasi dan profesionalisme, memastikan rangkaian proses pemilu berjalan dengan aman, transparan, dan bebas dari potensi ancaman ataupun gangguan keamanan.

Upaya lain untuk menciptakan suasana kondusif, yakni dengan menugaskan jajaran polsek untuk mengunjungi sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah hukum masing-masing.

Tujuannya, yakni untuk mengajak para tokoh agama dan tokoh masyarakat bersama-sama menjaga dan mencegah potensi gangguan keamanan menjelang pemilu pada 14 Februari 2024.

Polres Kudus juga memasang spanduk yang berisi ajakan terhadap seluruh masyarakat di Kabupaten Kudus agar ikut aktif berperan dalam menciptakan Pemilu 2024 yang damai dan sejuk. 

Baca juga: KPU Temanggung terima kotak suara tahap ketiga 2.700 buah

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024