Magelang (ANTARA) - Pemkot Magelang meraih dua penghargaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Provinsi Jateng yakni Capaian Pemenuhan Tingkat Kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Level 3 dan Indeks Tata Kelola Pengadaan Barang/Jasa terbaik.

Wakil Wali Kota Magelang KH. M. Mansyur di Magelang, Rabu, menyampaikan prestasi ini menjadi pemicu bagi Pemkot Magelang untuk meningkatkan kualitas dalam pengelolaan administrasi pengadaan barang dan jasa agar lebih baik.

Penghargaan disampaikan Ketua LKPP Hendrar Prihadi melalui Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno kepada Wakil Wali Kota Magelang KH. M. Mansyur dan Kepala UKPBJ Kota Magelang Wahyu Tri Prasetyo di sela Rakor UKPBJ Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah di Gedung Muzdalifah, Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

"Kota Magelang bisa membuktikan diri, menjauhkan diri dari KKN (Kolusi Korupsi Nepotisme) di bidang pengadaan barang dan jasa. Biasanya, korupsi terjadi di bidang tersebut, sehingga ke depan kita bisa lebih transparan lagi, lebih baik lagi," katanya.

Menurut dia, apresiasi dari LKPP ini merupakan salah satu wujud komitmen seluruh jajaran Pemkot Magelang dalam pelaksanaan pembangunan nasional, meningkatkan pelayanan publik serta berkontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Upaya yang ditempuh adalah Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) telah membentuk Tim Kematangan UKPBJ, yang bertugas dalam mempercepat Kematangan UKPBJ Level 3, level yang dipersyaratkan LKPP," kata Kepala UKPBJ Kota Magelang Wahyu Tri Prasetyo .

Pada acara yang dihadiri seluruh Kepala UKBPJ Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah itu, Kepala LKPP, Hendrar Prihadi meminta pemerintah daerah di wilayah ini untuk aktif berinovasi dalam pengadaan.

"Inovasi yang tepat dalam proses pengadaan dapat mengoptimalkan manfaat belanja pemerintah untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Wali Kota Magelang mengajak ASN ikut dukung Palestina

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024