Solo (ANTARA) - Berbagai ornamen Natal mulai menghiasi Kota Solo, Jawa Tengah, tepatnya mulai dari perempatan Gladak hingga bundaran Tugu Jam depan Pasar Gede.

Pantauan di Solo, Jawa Tengah, Selasa, ratusan lampion dengan berbagai warna sudah terpasang di jembatan Pasar Gede yang menghubungkan kawasan Balai Kota Surakarta dengan Pasar Gede.

Selain itu, ada lampion berukuran jumbo berbentuk Sinterklas, Snowman, Pinguin, Pohon Natal, Rusa, Malaikat, dan Gapura Natal yang terpasang di ruas Jalan Jenderal Sudirman.



Ketua Pelaksana Panitia Natal Bersama 2023 Kota Surakarta Sumartono Hadinoto mengatakan tepatnya ada 39 lampion dengan ukuran jumbo yang dipasang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Solo. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya memasang 25 lampion.

"Mempertimbangkan kondisi dan situasi setelah pandemi serta keinginan kami untuk membantu meningkatkan ekonomi terutama UMKM, kami menyelenggarakan Natal dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan untuk kali ini tema yang diangkat, yakni Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi dengan subtema Spirit of Unity.

Untuk penyalaan lampion tersebut, katanya, mulai dilakukan pada tanggal 1 Desember 2023-11 Januari 2024.

"Untuk upacara pembukaan penyalaan lampion Natal akan dilakukan pada Jumat (1/12) di Plaza Balai Kota Surakarta," katanya.



Ia mengatakan sebagai rangkaian kegiatan Natal, nantinya juga ada acara Parade Desember yang diisi dengan parade pujian di halaman Balai Kota Surakarta, tepatnya pada tanggal 1-3 Desember, 8-10 Desember, dan 15-17 Desember 2023.

"Selain itu, akan dilakukan bakti sosial donor darah pada hari Selasa (5/12) di PMI Surakarta dengan peserta sebanyak 200 pendonor," katanya.

Sebagai puncak acara akan dilakukan perayaan Natal bersama Pemerintah Kota Surakarta di Pendapi Balai Kota Surakarta pada Kamis (11/1) dengan peserta sebanyak 4.500 orang.

Baca juga: Pura Mangkunegaran siap hadapi lonjakan pengunjung jelang libur akhir tahun

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024