Magelang (ANTARA) - Pembuatan paspor bagi calon haji asal Kabupaten Magelang dilaksanakan di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Magelang.

Kepala Seksi Dokumen Perjalanan dan Izin Tingal Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Wonosobo Faqih Ramadhani Prabowo di Magelang, Rabu, mengatakan bahwa program paspor sesuai dengan permintaan.

"Jadi, yang seperti saat ini terlaksana dari Kantor Kementerian Agama Magelang berkirim surat kepada kami untuk meminta program paspor. Hal ini untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat yang akan berhaji pada tahun 2024," katanya.

Faqih menuturkan bahwa imigrasi hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama calon haji  yang mayoritas lansia. Dengan demikian, mereka tidak perlu jauh mengurus paspor sampai Wonosobo karena imigrasi yang melayani mereka di Kabupaten Magelang.

"Calon haji di Kabupaten Magelang yang akan mengurus paspor sebanyak 741 orang. Kami targetkan pelaksanaan foto dan pengambilan sidik jari ini dalam 2 hari selesai, hari ini dan besok," katanya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang Khamim Setiawan mengaku hingga saat ini pihaknya belum tahu kuota haji untuk Kabupaten Magelang. Dalam hal ini, pihaknya masih menunggu penetapan resmi dari pemerintah pusat.

Khamim mengatakan bahwa pihaknya saat ini akan melaksanakan pembuatan paspor bagi calon haji yang belum mempunyai paspor.

"Alhamdulillah, dari 1.087 orang, sekitar 300 orang sudah mempunyai paspor, dan baru saat ini kami akan melaksanakan pembuatan paspor haji 741 orang," katanya.

Bagi mereka ini program yang sangat menggembirakan karena tidak harus jauh-jauh datang ke Kantor Imigrasi Wonosobo, namun bisa dilayani di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang.

Baca juga: Biaya Penyelenggaran Haji tahun 2024 diusulkan Rp105 juta per orang

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024