Temanggung (ANTARA) - Kejuaraan Gateball Jateng Seri XVI dan Hari Ulang Tahun Ke-189 Kabupaten Temanggung Tahun 2023 dibuka Penjabat Bupati Hary Agung Prabowo.

Hary Agung Prabowo mengatakan di Temanggung, Sabtu, kegiatan ini diikuti oleh 32 tim yang ada di Jateng ditambah delapan Darma Wanita.

"Dulunya olahraga rekreasi sehingga terbentuk di Jateng sampai saat ini ada 18 kabupaten/kota, terakhir Kabupaten Kebumen." katanya.

Gateball di Temanggung muncul tahun 2009 sejak awal itu mulai bergema di beberapa kota termasuk di Bali gateball mulai memasyarakat setiap 18 kabupaten/kota.

"Saya yakin gateball akan bagus permainan yang membutuhkan kejelian, ketangkasan permainan, ketelitian permainan, saya yakin bahwa nanti gateball akan semakin bagus dan semakin seluruh kabupaten/kota di Jateng akan memiliki gateball ini," katanya.

Ia mengatakan perkembangan gateball di Temanggung bagus sejak mencoba di 2009 ternyata peminatnya juga banyak tidak hanya kalangan tertentu tetapi juga anak-anak dan guru-guru juga mulai banyak peminatnya.

Ketua Pengurus Provinsi Jateng Persatuan Gateball Seluruh Indonesia Eko Yunianto mengatakan saat ini sudah terbentuk 18 pengurus daerah, yang komplet enam kota di Jateng sudah terbentuk semua. Jadi 16 pengurus daerah lagi yang harus kita bentuk.

"Dalam perkembangannya cabor gateball Jateng sudah bergabung dengan KONI ini memberikan suatu tujuan sekaligus tuntutan bahwa selain kita rekreasi yaitu memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Mensosialisasikan khususnya gateball pada masyarakat sekaligus dituntut prestasi ini tentu tugas yang tidak mudah untuk kita wujudkan ke depan," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024