Purwokerto (ANTARA) - Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar turnamen bola voli tingkat kabupaten bertajuk Piala Kadindik 2023 yang berlangsung pada 8-9 November, sebagai upaya untuk menyiapkan bibit-bibit atlet voli daerah sejak dini.

"Ini adalah hari terakhir atau final. Ini untuk menyiapkan bibit-bibit pemain voli semacam Jasen dan Megawati," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kabupaten Banyumas Joko Wiyono saat ditemui di Sasana Krida Raga Satria, Kompleks Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Banyumas, Kamis.

Ia berharap di Banyumas ada talenta-talenta muda dalam bidang olahraga yang dimulai dari sekolah dasar, dan diawali dengan penyelenggaraan turnamen bola voli tersebut.

Menurut dia, turnamen bola voli tersebut diikuti tim putra maupun putri dari 27 Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Dindik untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3.

"Juara satu, dua, dan tiga masing-masing untuk tim putra dan tim putri. Nanti ada juara tiga bersama (terdiri atas dua tim)," katanya.

Ia mengatakan sebagai tindak lanjut ke depan, pihaknya akan menyiapkan tim voli yang solid untuk tingkat kabupaten.

Oleh karena itu, turnamen bola voli yang diikuti pelajar SD tersebut menjadi agenda tahunan Dindik Kabupaten Banyumas dan sekarang telah memasuki tahun kedua.

"Pascapandemi COVID-19 ini, kami ingin bangkit, mencari talenta-talenta muda yang ada di Banyumas. Melalui olahraga, kami ingin membangun nilai-nilai sosiometrik, nilai-nilai persaudaraan sosial, sehingga mereka saling bertemu, saling bersapa. Ini menjadi upaya kami menghindari perundungan," kata Kadindik.

Sementara itu, Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD Negeri Ciberem, Kecamatan Sumbang, Saeran, mengatakan turnamen bola voli tersebut sangat menyenangkan dan menggugah para guru PJOK di Kabupaten Banyumas untuk melaksanakan ekstrakurikuler bola voli.

Dengan adanya turnamen bola voli maupun sepak bola, kata dia, setidaknya guru-guru menyiapkan dan sekolah menjadi lebih hidup.

"Tidak hanya pada pagi hari dengan kegiatan belajar mengajar, tapi sore harinya guru-guru itu masih mendampingi siswa untuk berlatih, belajar tentang sepak bola dan bola voli," kata Saeran yang juga menjabat sebagai Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Korwilcam Dindik Sumbang itu.

Dalam final Piala Kadindik 2023 pada kelompok putra, Juara 1 diraih Tim Korwilcam Dindik Gumelar, peringkat 2 diraih Tim Korwilcam Dindik Wangon, serta peringkat 3 Bersama diraih Tim Korwilcam Dindik Rawalo dan Tim Korwilcam Dindik Banyumas.

Sementara untuk kelompok putri, Juara 1 diraih Tim Korwilcam Dindik Sumbang, peringkat 2 diraih Tim Korwilcam Dindik Gumelar, serta peringkat 3 diraih Tim Korwilcam Dindik Wangon dan Tim Korwilcam Dindik Kemranjen.

Baca juga: Polres Jepara gelar turnamen bola voli untuk jaring bibit atlet muda

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024