Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah, menyelenggarakan pameran Pekan Kebudayaan Daerah yang diselenggarakan mulai 30-31 Oktober 2023 sebagai upaya mengenalkan cagar budaya pada generasi muda.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Batang, Willopo, di Batang, Senin, mengatakan pada pameran Pekan Kebudayaan Daerah tersebut juga akan ditampilkan benda cagar budaya dan juga pementasan seni tari, teater, musik, dan bazar kuliner.

"Dengan adanya Pekan Kebudayaan Daerah, kami berharap generasi muda, khususnya pelajar, bisa mengenal budaya zaman yang sudah tua seperti arca," katanya.

Menurut dia, pemkab telah menemukan situs-situs arca yang menggambarkan bahwa ada peradaban tua.

"Kemudian dengan menggali, mengenali, dan mencintai budaya daerah, menjadikan generasi muda terutama yang masih sekolah mempunyai jiwa berbudaya," katanya.

Ia mengatakan pada pameran tersebut para pengunjung bisa melihat cagar budaya daerah yang dipamerkan secara langsung dan tanpa dipungut biaya masuk.

Hal ini, kata dia, generasi muda bisa melakukan kegiatan positif dan melupakan kegiatan negatif yang sekarang banyak terjadi, seperti perkelahian antar-pelajar dan perundungan.

"Kegiatan positifnya bisa melakukan beberapa tarian asli daerah, seperti Tari Babalu, Tari Simo Gringsing, dan Tari Serabi Kalibeluk," katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Bambang Suryantoro mengatakan Pekan Kebudayaan Daerah bisa menjadi embrio pertama untuk mengenalkan cagar budaya pada generasi muda.

Kondisi cagar budaya di daerah ini, kata dia, banyak yang bisa diselamatkan namun tentunya masih ada yang di lokasi.

"Cagar budaya daerah yang ada di sini ada 80 situs, belum yang ada di luar serta di Museum Ronggo Warsito Semarang. Kami berharap pemeran ini bisa memberikan pengetahuan budaya bagi pelajar dan mempelajari cagar budayanya," kata Suryantoro.

Baca juga: Sekolah Vokasi Undip luncurkan Desa Vokasi Budaya

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024