Semarang (ANTARA) - Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang meluncurkan Desa Kurung di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sebagai Desa Vokasi Budaya yang memadukan pendidikan vokasional dan kekayaan budaya.

Dekan Sekolah Vokasi Undip Semarang Budiyono dalam siaran pers di Semarang, Sabtu, mengatakan Desa Kurung di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten tersebut memiliki visi menjadi desa budaya yang unggul dengan dukungan keunikan potensi seni budaya lokal menuju tingkat nasional.

"Melalui berbagai kegiatan dan program menarik, inisiatif ini bertujuan memberdayakan mahasiswa, pendidik, dan masyarakat dengan keterampilan vokasional sekaligus melestarikan dan mempromosikan warisan budaya," katanya.

Peresmian desa budaya dengan slogan "Kurung Desa Budaya, Ngrembaka Hamangun Karya" tersebut, bertepatan dengan peringatan tujuh tahun berdirinya Sekolah Vokasi Undip.

Menurut Budiyono, berbagai karya di tingkat nasional maupun internasional telah ditorehkan sekolah vokasi ini.

Sekolah Vokasi Undip, kata dia, mengabdi, berkontribusi, dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan melahirkan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

Ia mengatakan Sekolah Vokasi Undip siap menjadi pusat pendidikan terapan yang unggul dan bertaraf internasional.

"Mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki karir yang sukses dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," katanya.

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024