Wonosobo (ANTARA) - Kepolisian Resor Wonosobo, Jawa Tengah, menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk menciptakan sinergitas dalam pengamanan dan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Wakapolres Wonosobo Kompol Andi Setiyo Wibowo di Wonosobo, Kamis, mengatakan bahwa Operasi Mantap Brata mulai pada hari ini (19/10).

Rakor lintas sektoral tersebut dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan kewilayahan, baik TNI, Polri, pemerintah daerah, kejaksaan, pengadilan negeri, KPU, maupun bawaslu setempat.

Menurut dia, seluruh personel Polres Wonosobo akan mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh titik. Pengamanan akan secara sinergi antara TNI dan Polri.

"Pengamanan berkolaborasi antara TNI, Polri, dan seluruh elemen terkait. Rencananya besok akan dilaksanakan apel gelar pasukan tanda dimulainya operasi dengan sandi Mantap Brata Candi 2023—2024," katanya.

Melalui kegiatan ini, dia berharap Pemilu 2024 di Kabupaten Wonosobo dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat tetap terjaga.

"Dalam proses pemilu, boleh saja terjadi perbedaan pilihan, situasi bisa saja memanas, tetapi prinsipnya persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat harus tetap dijaga," katanya.

Untuk menjaga situasi di tengah masyarakat tetap dingin, kata dia, upaya cooling system perlu secara bersama oleh unsur TNI, Polri, dan pemerintah daerah mulai dari tingkat kecamatan hingga desa.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024