Magelang (ANTARA) - Sebanyak 3.837 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022 Kota Magelang dan beberapa kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta mengikuti pembekalan pembinaan ideologi Pancasila.

Rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Jumat, menyebutkan kegiatan itu digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berkolaborasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Magelang, secara daring dan tatap muka di Hotel Atria Kota Magelang, Kamis (12/10).

Direktur Perencanaan Diklat BPIP Tri Suhartati menyebutkan total peserta kegiatan itu 3.837 orang, terdiri atas Purna Paskibraka Jateng 1.552 orang, Jatim 2.008 orang, dan DI Yogyakarta 277 orang.

"Pembekalan ini sebagai syarat pengangkatan sebagai purna Paskibraka Duta Pancasila. Pembekalan diampu oleh pemateri berkompeten dengan materi antara lain Pancasila, revolusi mental, wawasan kebangsaan, kewarganegaraan, kewaspadaan dan ketahanan nasional, literasi digital, dan kepaskibrakaan," katanya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan Pancasila dasar negara yang sudah final dan mengandung nilai-nilai yang dahsyat. 

Indonesia, katanya, tidak akan pecah jika masyarakat mengamalkan nilai-nilai tersebut.

"Kalau kita mengkaji Pancasila dahsyat, semuanya, Ketuhanan Yang Maha Esa sampai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia," katanya.

Ia mengatakan anggota paskibraka anak-anak pilihan. Untuk menjadi anggota, mereka harus mengikuti serangkaian seleksi ketat, latihan fisik, serta kecerdasan. 

Dia mengharapkan peserta mengikuti pembekalan tersebut dengan baik. 

Pembekalan ideologi Pancasila, kata dia, dapat memberi jalan anggota paskibraka terlibat aktif, sebagai teladan model implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar dan masyarakat. 
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024