Semarang (ANTARA) - Produsen sepeda motor listrik, Alva melakukan penetrasi pasar motor listrik di Semarang dengan membuka Alva Experience Centre, yang menjadi showroom ketiganya setelah Jakarta dan Bali.

“Dengan hadirnya ALVA Experience Center di Semarang, kami siap melayani masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya," kata President Director PT Ilectra Motor Group, yang menaungi merek Alva, Purbaja Pantja, di Semarang, Sabtu.

Menurut dia, kehadiran Alva Experience Centre di Semarang akan memulai transformasi pengalaman berkendara motor yang berbeda dan lebih berkelanjutan bagi masyarakat Kota Atlas.

Kota Semarang dipilih, kata dia, karena dinilai telah matang secara regulasi dan sistem terkait kendaraan listrik, terbukti dengan sejumlah prestasi yang diraih dalam bidang lingkungan.

Di antaranya, Kota Semarang menjadi pemenang terbaik pertama dalam program Integrated-Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Cities oleh Bappenas dan PT Surveyor Indonesia.

Baru-baru ini, Semarang juga dinobatkan sebagai kota paling berkelanjutan dalam bidang Penataan Ruang dan Infrastruktur yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia Green City Metric.

"Dalam waktu dekat, kami akan membuka di Surabaya, Bandung, kemudian Jakarta lagu. Pada kwartal satu tahun depan, kami juga menambah lima lokasi (showroom) lagi," katanya.

Purbaja menyebutkan Alva menawarkan dua tipe sepeda motor listrik, yakni Alva One yang diperuntukkan untuk pemakaian sehari-hari dengan jarak tempuh 70 kilometer, "top speed" 90 km/jam, dan torsi sebesar 46,5 Nm dengan harga Rp30 jutaan.

Bagi yang ingin merasakan performa lebih, ada Alva Cervo dengan kapasitas jarak tempuh 125 km, kecepatan maksimal 103 km/jam, dan torsi sebesar 53,5 Nm, plus fitur "boost" untuk menambah kecepatan dalam hitungan detik, dengan harga Rp40 jutaan.

"Kami juga memiliki program 24-hour Roadside Assistance, yang memberikan pelayanan road service dan customer service selama 24 jam. Jika mengalami kendala di jalan, tim servis Alva akan datang memberikan bantuan," katanya.

Bersamaan dengan itu, digelar pula "fun ride" yang menghadirkan sejumlah unit Alva One dan Alva Cervo yang dikendarai oleh anggota komunitas Alva Rider Community Semarang yang mengaspal di jalanan sekitar Simpang Lima Semarang.

Meskipun Alva Experience Center baru diresmikan, kata dia, Alva telah memiliki konsumen setia yang menggunakan motor listrik Alva dan membentuk komunitas Alva Rider Community (ARC).

"Dengan 'fun ride' ini, kami harap masyarakat, khususnya para pecinta otomotif di Kota Semarang mendapatkan pengalaman baru dalam berkendara roda dua. Ke depannya, Alva berharap masyarakat dapat mulai beralih ke motor listrik," pungkasnya.

Baca juga: Komlis Semarang akui ketangguhan sepeda motor listrik

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024