Semarang (ANTARA) - Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) mengunjungi Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API), Tegalrejo, Magelang, untuk memperkuat konsolidasi dukungan terhadap pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Seiring dengan semakin dekatnya perhelatan pesta demokrasi pada 2024, SKI dan pendukung Anies-Muhaimin memang gencar melakukan konsolidasi dengan kalangan ponpes dan warga nahdliyin.

Kedatangan SKI Jateng

Wakil Sekjen SKI Azmi Majid, dalam pernyataan yang diterima di Semarang, Jumat, menyampaikan bahwa silaturahmi penguatan dilakukan antara partai pengusung dengan pendukung Anies-Muhaimin.

Sebagaimana dilakukan SKI, kata dia, di semua level kepengurusan partai pengusung dan intensitasnya terus meningkat.

"Penguatan di lapangan mutlak untuk kemenangan Amin (Anies-Muhaimin) di bilik suara. Konsolidasi yang kami lakukan tidak pernah putus dan intensitasnya justru semakin bertambah," katanya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes API Tegalrejo Magelang KH Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf menyambut baik kolaborasi dengan SKI untuk pemenangan Anies-Muhaimin di Jateng.

"Pendekatan dengan warga Nahdlatul Ulama itu menjadi pekerjaan tumah PKB. Semoga dengan pendekatan gaya santri, Insya Allah akan Amin pada waktunya," kata Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jateng tersebut.

Ia juga akan mengaktifkan kembali penggerak relawan Sudirman Said-Ida Fauziyah saat maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018 yang ketika itu sanggup meraup 41,22 persen suara.

Dua minggu lalu, Sudirman Said yang juga mantan Menteri ESDM juga menggagas temu relawannya pada Pilgub Jateng 2018, yang berlangsung di Padepokan Kalisoga, Brebes.

"Saya beserta seluruh pengurus PKB Jateng solidkan pemenangan Amin sampai tingkat basis," kata Gus Yusuf.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024