Purwokerto (ANTARA) - Bupati Banyumas Achmad Husein meminta para pendamping anak berkebutuhan khusus di kabupaten setempat agar mendampingi anak-anak tersebut dengan ikhlas dan telaten.

"Hal itu akan membuat mereka percaya diri, mandiri dan hidup selayaknya anak normal lainnya. Semoga bapak dan ibu selalu yakin bahwa itu adalah ibadah yang mulia dan luhur," katanya saat memberi sambutan dalam kegiatan luar kelas (outing class) Special Olympics Indonesia (Soina) Kabupaten Banyumas di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Selain itu, kata dia, pengurus Soina serta Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas juga perlu mendata dan menyurvei setiap desa.

Menurut dia, hal itu dilakukan dengan harapan nantinya ada sanggar-sanggar khusus di setiap desa dengan berbagai kegiatan yang dapat melatih dan mengaktualisasi diri anak-anak dengan kebutuhan khusus menjadi anak yang percaya diri.

"Nantinya, di sana anak-anak ini bisa bercengkerama, membatik, menulis, menyanyi, dan sebagainya," kata bupati.

Dalam kesempatan itu, Achmad Husein beserta istri yang juga Bunda Soina Kabupaten Banyumas berpamitan dengan seluruh pengurus Soina daerah itu dan anak-anak berkebutuhan khusus, karena masa jabatannya sebagai Bupati Banyumas akan berakhir pada 24 September 2023.

Sementara itu, Bunda Soina Kabupaten Banyumas Erna Sulistyawati Husein mengatakan kegiatan luar kelas tersebut dilaksanakan sebagai agenda rutin untuk mewadahi serta meningkatkan motivasi anak-anak bertalenta khusus agar mereka memiliki kepercayaan diri yang bagus.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga sebagai upaya mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk memberikan kesempatan yang sama pada anak-anak dengan kebutuhan khusus.

"Kegiatan ini dapat menjadi dukungan sistem dan mampu menjadi pemicu anak-anak untuk berkreasi," kata istri Bupati Banyumas itu.

Terkait dengan masa jabatan Bupati Banyumas yang segera berakhir, Erna mengharapkan siapapun penggantinya ke depan tetap dapat mendampingi dan mendukung anak-anak dengan kebutuhan khusus untuk selalu berkreativitas serta mengembangkan diri.

Baca juga: Manulife luncurkan MSP untuk persiapan masa pensiun dan pendidikan anak

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024