Solo (ANTARA) -
Tokoh wayang Gatotkaca kembar membersihkan seluruh sudut Terminal Tirtonadi Solo pada Hari Perhubungan Nasional 2013, Jumat.
 
Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono di Solo, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan keberadaan dua tokoh pewayangan tersebut diharapkan dapat menjiwai semangat dari filosofi Gatotkaca yang kuat dan bersemangat kepada para peserta kegiatan Jumat Bersih.
 
"Gatotkaca Kembar ini kami hadirkan bukan sebagai pemanis, melainkan kami memberikan sentuhan budaya karena lokus kami ada di Kota Solo," katanya.
 
Selain itu, diharapkan seluruh peserta dapat menjiwai tokoh Gatotkaca yang tangkas, kuat dan bertanggung jawab.
 
"Ini sesuai dengan lima citra perhubungan, sebagai pedoman semua insan perhubungan di Indonesia," katanya.
 
Sementara itu, kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jawa Tengah dilakukan bersamaan dengan Jumat Bersih Terminal Tipe A Tirtonadi. Jumat Bersih bertajuk Gatotkaca Kembar Resik-resik Tirtonadi ini mengerahkan dua unit mobil penyemprot air dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta.
 
"Kegiatan ini sebetulnya kami lakukan secara rutin, namun kali ini cukup spesial karena untuk peringatan Hari Perhubungan Nasional," katanya.
 
Ia mengatakan fokus kegiatan dilakukan pada pembersihan shelter dan pengendapan bus sisi timur.
 
"Apalagi pengendapan sisi timur ini banyak terdapat tumpahan minyak, oli dan solar, sehingga perlu disemprot dengan air bertekanan tinggi untuk membersihkannya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menghilangkan kesan jorok pada terminal," katanya.
 
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024