Purwokerto (ANTARA) - Ma’had Al Imam Malik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sukses menggelar Stadium General dan Kuliah Perdana Tahun Ajaran 2023/2024 di lantai 4 Aula Ma`had Al Imam Malik UMP, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (11/9). 

Kegiatan bertajuk Al-Liqa' Al-Maftuh yang ditujukan untuk mendalami syariat Islam melalui bahasa Arab itu dihadiri seluruh civitas academica Ma`had Al Imam Malik dan para mahasiswa. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Rektor III UMP Bidang Kemahasiswaan Alumni Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Assoc Prof Akhmad Darmawan MSi PhD mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru Ma’had Al Imam Malik UMP. 

“Bagi para mahasiswa baru, selamat mempelajari bahasa Arab di Ma`had Al Imam Malik UMP. Anda semua adalah orang-orang pilihan yang akan mendalami syariat Islam melalui bahasa Arab," tegasnya. 

Baca juga: PPG UMP gelar Orientasi Akademik bagi mahasiswa Prajabatan

Direktur Ma`had Al Imam Malik H Muhammad Asdi Nurkholis SPdI BEd MPd mengatakan kurikulum, program kegiatan, dan aturan akademik yang berlaku di Ma`had Al Imam Malik, termasuk memotivasi mahasiswa agar meluruskan niat karena Allah semata.

"Modal paling mendasar dan utama bagi kita para pembelajar bahasa Arab adalah keikhlasan dan mengharap rida Allah ta`ala, karena dengannya akan memberikan semangat kepada kita untuk terus belajar, dan tidak ada rasa malas dalam belajar," ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan  digelar sebagai ajang ta`aruf antar-mahasiswa Mahad, dan ditutup dengan gim merangkai huruf menjadi sebuah kata dalam bahasa Arab.

Berdasarkan hasil penjurian terhadap gim tersebut, juara 1 berhasil diraih kelompok mahasiswa Khonsa Ramadhania, Dinda Salsabila, dan Rindiana. Juara 2 diraih kelompok mahasiswa Dinda Novita, Fifi Tri Aryani, dan Farah Nadziva, sedangkan uara 3 diraih kelompok mahasiswa Rina Juniati, Ameliana Rakhim, dan Jilan Ahyana. (asd/tgr)

Baca juga: UMP gelar workshop tata kelola keuangan perguruan tinggi
Baca juga: Wujudkan SDM unggul, dosen UMP digenjot studi lanjut

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024