Semarang (ANTARA) - Rifan Financindo Berjangka (RFB) Semarang menggelar berbagai perlombaan dan donor darah memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI yang diikuti seluruh karyawan.

Kepala Cabang RFB Semarang Mia Amalia, dalam pernyataan yang diterima di Semarang, Minggu, menyampaikan bahwa RFB Semarang menggelar peringatan HUT Ke-78 dengan cara yang berbeda.

Tepat pada 17 Agustus 2023, diadakan penghormatan kepada bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan berbagai lomba khas Agustusan di Lapangan Kantor Cabang RFB Semarang yang berlangsung meriah.

"Lomba-lomba ini ditujukan untuk melatih kekompakan, komunikasi, dan keterbukaan antara satu dengan yang lain," katanya.

Mia mengapresiasi dukungan dan kerja sama para karyawan yang tetap bersemangat mengikuti perlombaan meski berlangsung di tengah cuaca yang terik.

Panitia dan peserta acara RFB Semarang dalam menyambut kemerdekaan tahun ini datang dari berbagai latar belakang etnis dan unsur masyarakat, namun semuanya terlihat bersemangat.

Selama perlombaan berlangsung, lagu-lagu kebangsaan terus mengiringi, seperti Hari Merdeka, Garuda Pancasila, Berkibarlah Benderaku, dan Bangun Pemuda-Pemudi.

"Kantor kami selalu memutar lagu Indonesia Raya setiap pagi sebelum memulai aktivitas apapun. Semua karyawan diwajibkan untuk berdiri dan bernyanyi agar tidak ada yang lupa pada semangat nasionalisme," katanya.

Ia mengingatkan bahwa semangat gotong royong diwariskan pendahulu dalam membangun bangsa sehingga harus tertanam dari setiap pekerjaan yang dijalankan.

"Itulah kenapa lagu-lagu perjuangan diputar untuk mengiringi lomba agar semuanya lebih bersemangat memenangkan kompetisi, tetapi juga yang terpenting harus dengan cara sportif dan 'fair'," ujarnya.

Selain perlombaan, RFB Semarang juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang untuk menggelar kegiatan donor darah sebagai wujud kecintaan dan kepedulian terhadap sesama.

Kegiatan donor darah berlangsung pada 18 Agustus 2023 diikuti oleh seluruh karyawan yang merupakan bukti kepedulian perusahaan, sekaligus edukasi melalui contoh kepada seluruh karyawan untuk jangan pernah melupakan tugas kemanusiaan mereka.

"Kegiatan sosial seperti ini penting agar tercipta interaksi dua arah antara perusahaan dengan masyarakat. Karyawan harus tahu bahwa perusahaan punya nilai bakti dan sosial yang tinggi kepada masyarakat, dan sebaliknya masyarakat juga bisa lebih mengenal perusahaan kami lebih dekat," katanya.

"Ditambah lagi, aksi donor darah bisa membuat lebih sehat karena muncul sel-sel darah baru. Membuat tubuh lebih segar dan fokus dalam bekerja. Jadi, aksi donor darah ini memang sangat bermanfaat untuk seluruh elemen masyarakat," pungkas Mia.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024